Bella Aprilia: Pentingnya Mencegah Kanker Serviks Sejak Dini  

Manado, Barometersulut.com-Kanker serviks adalah salah satu penyakit yang perlu mendapat perhatian serius. Hal ini dismpaikan dr. Bella Aprilia, SpOG saat menjadi nara sumber dalam kegiatan edukasi kesehatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kanker serviks yang digagas Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou,Rabu (24/5).

Bella Aprilia memberikan penjelasan mendalam mengenai faktor risiko dan pencegahan kanker serviks pada perempuan.

. Untuk itu, RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou menghadirkan narasumber terkemuka dalam bidang kebidanan dan penyakit kandungan, yaitu

Kegiatan ini dihadiri oleh pasien, keluarga, dan pengunjung rumah sakit yang berlangsung di Ruang Tunggu Poliklinik Bedah pada hari ini.

Dalam paparannya, dr. Bella Aprilia menyoroti beberapa faktor risiko yang berkontribusi terhadap perkembangan kanker serviks. Salah satunya adalah infeksi human papillomavirus (HPV), yang merupakan faktor risiko utama. Ia menekankan pentingnya vaksinasi HPV untuk mencegah infeksi dan perkembangan kanker serviks pada perempuan.

“kebiasaan merokok, aktivitas seksual yang tidak sehat, kekebalan tubuh yang lemah, dan riwayat keluarga juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker serviks,” ujar Aprilia.

Pada kesempatan tersebut, dr. Bella Aprilia juga memberikan informasi mengenai langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil untuk mengurangi risiko terkena kanker serviks. Ia mendorong perempuan untuk menjalani pemeriksaan Pap smear secara rutin guna mendeteksi dini perubahan sel-sel serviks yang abnormal.

Baca juga:  BPJS Ketenagakerjaan Manado Serahkan Santunan Bagi 3 Ahli Waris JKKMD

“ Vaksinasi HPV dan praktik seks yang aman juga dianggap penting dalam upaya pencegahan kanker serviks,” ujarnya.

Christian Modeong, S.I.Kom, selaku pembawa acara kegiatan edukasi kesehatan ini, mengapresiasi kegiatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kanker serviks. Ia berharap bahwa informasi yang diberikan oleh dr. Bella Aprilia dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya deteksi dini dan pencegahan kanker serviks bagi perempuan.

“Kegiatan edukasi kesehatan ini merupakan salah satu upaya RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou dalam mengurangi angka kejadian kanker serviks di masyarakat. Dengan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mengenai faktor risiko dan tindakan pencegahan yang tepat, diharapkan dapat mendorong perempuan untuk menjaga kesehatan reproduksi mereka dan menghindari risiko kanker serviks,”ujar Modeong.

Lebih lanjut,RSUP Prof. Dr. R . D. Kandou juga berkomitmen untuk terus menyediakan layanan kesehatan yang lengkap dan berkualitas, termasuk pemeriksaan dan penanganan kanker serviks. Mereka mengingatkan masyarakat, terutama perempuan, pentingnya melakukan pemeriksaan secara rutin dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi dan pengobatan yang tepat.

Baca juga:  Akhir November, Target Penyelesaian Tol Manado-Bitung Seksi IIB

Selain kegiatan edukasi kesehatan, RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou juga menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai untuk mendukung upaya pencegahan dan pengobatan kanker serviks. Bagian/KSM Kebidanan dan Kandungan RS Kandou, merupakan salah satu bagian dari fasilitas yang komprehensif di rumah sakit ini, yang mampu memberikan perawatan terbaik bagi pasien dengan penyakit kandungan, termasuk kanker serviks.

“Dalam rangka mewujudkan visi pencegahan kanker serviks, RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou juga bekerja sama dengan berbagai pihak terkait, seperti Puskesmas, komunitas, dan organisasi non-pemerintah, untuk meningkatkan kesadaran dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pencegahan kanker serviks,” jelasnya.

Kegiatan edukasi kesehatan tentang kanker serviks ini menjadi langkah awal dalam menghadapi tantangan penyakit mematikan ini. RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou berharap bahwa melalui upaya ini, masyarakat akan lebih memahami risiko dan langkah-langkah pencegahan yang dapat mereka ambil untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang-orang yang mereka cintai dari kanker serviks.(nando)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *