Wakil Wali Kota Bitung Hadiri Penyerahan Sertifikat Pencatatan Cipta Batik

Bitung, BAROMETERSULUT.com – Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar, SE Mengahadiri Kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic (Klinik Kekayaan Intelektual Bergerak ) Provinsi Sulawesi Utara Yang Diselenggarakan Oleh Kantor Wilayah Sulawesi Utara Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Dalam Rangka Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia 2023 Yang Bertempat Di Atrium Manado Town Square II. (Rabu 24/5/2023).

Dalam Kegiatan Tersebut, Dilakukan Penyerahan Sertifikat Pencatatan Cipta Batik Milik Pemerintah Kota Bitung Oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham RI Ibu Min Husein Kepada Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar, SE, Batik Pemerintah Kota Bitung Telah Terdaftar Secara Resmi Dalam Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Atau Pelindungan Terhadap Karya-Karya Yang Timbul Karena Adanya Kemampuan Intelektualitas Manusia Dalam Bidang Seni, Sastra, Ilmu Pengetahuan, Estetika, Dan Teknologi. Hak Cipta Terhadap Karya Seni Kain Batik Khas Bitung Dicatat Dalam Nomor 000463948, 000463949 Dan 000463947. Hak Cipta Tersebut Berlaku Selama 50 Tahun Sejak Pertama Kali Diumumkan.
Dengan Adanya Pengakuan Dari DJKI Itu, Kata Wakil Wali Kota, Tiga Motif Batik Kota Bitung Telah Ada Hak Cipta Atau Terdaftar Resmi.
“Kain Batik Khas Kota Bitung Kini Telah Ada Hak Cipta Atau Terdaftar Resmi Dalam Hak Kekayaan Intelektual Atau Perlindungan Terhadap Karya-Karya Yang Timbul Karena Adanya Kemampuan Intelektualitas Manusia Dalam Bidang Seni, Sastra, Ilmu Pengetahuan, Estetika, Dan Teknologi,” Kata Hengky Honandar.

Baca juga:  Partai Perindo Resmi Dukung Paslon Maurits-Hengky Untuk Pilwako Bitung 2020

Ada Tiga Motif Batik Kota Bitung Yang Dipatenkan DJKI Sebagai Hak Milik Pemerintah Kota Bitung, Yakni Batik Motif Pesona Bitung, Batik Lembuyang Bitung Dan Batik Motif Pohon Bitung..
Tiga Motif Batik Yang Dipatenkan DJKI Sebagai Milik Pemerintah Kota Bitung Adalah Buah Dari Hasil Sayembara Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bitung Kemudian Disempurnakan Balai Besar Standardisasi Dan Pelayanan Jasa Industri Kerajinan Dan Batik Yokyakarta.

Kegiatan Yang Dilaksanakan Mulai Dari Tanggal 24 – 26 Mei 2023 Ini Yaitu Sosialisasi Kekayaan Intelektual,Konsultasi Kekayaan Intelektual, Dan Pelayanan Pendaftaran Kekayaan Intelektual, Perseroan Perorangan Dan Pameran UMKM. Kegiatan Ini Dihadiri Juga Dihadiri Oleh, Kapolda Sulawesi Utara, Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H , Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara, Ronald Lumbuun, Bupati Kepulauan Sangihe, Dr. Rinny Tamuntuan Serta Jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi
Utara.

Baca juga:  Swab PCR Palsu Masuk Bitung, Polres Bitung Ungkap Serta Menangkap Pelaku Pembuat Surat Swab PCR Palsu

(Rivaldy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *