Edukasi Pasien, RSUP Kandou Ingatkan Masyarakat Cegah Demam Berdarah

Manado, Barometersulut.com- Melalui Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran (IPKPRS) atau dikenal Instalasi Promkes, RSUP Prof Dr R D Kandou Manado secara berkelanjutan terus melakukan edukasi atau pendidikan kesehatan kepada pasien, keluarga pasien, dan pengunjung rumah sakit.

Buktinya, RSUP Kandou, belum lama ini melaksanakan edukasi kesehatan, kali ini terkait “Pencegahan Demam Berdarah Dengue“, di ruang tunggu Poliklinik Bedah, Kamis 27 April 2023.

Dr dr Novie H Rampengan Sp A(K) DTM H, MCTM(TP) sebagai narasumber menekankan pentingnya peran serta masyarakat.

“Dalam upaya pencegahan Demam Berdarah Dengue, peran masyarakat penting. Juga diingatkan tentang pentingnya mengenal gejala dan tanda Demam Berdarah Dengue,” ungkap dokter Novie.
Sebab secara umum, DBD dapat dicegah dengan gaya hidup sehat dari masyarakat, khususnya berkaitan dengan kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Baca juga:  Dandim Manado Bersama Danden Zipur 4 / YKN Terima Penghargaan Keuskupan Manado

Tindakan 3M plus, yakni menguras penampung air, menutup bak air, dan mengubur barang bekas, hingga mengenakan kelambu dan lainnya, masih menjadi cara jitu dan praktis mencegah DBD.

Hal ini pun bisa dimaksimalkan dengan kesadaran dan kerja sama seluruh masyarakat dalam suatu lingkungan akan pentingnya menjaga kebersihan.

Sementara itu, demam tinggi hingga 40 derajat Celsius merupakan salah satu gejala DBD.

Gejala lainnya adalah sakit kepala, nyeri otot, tulang atau sendi, mual dan muntah, sakit di belakang mata, kelenjar bengkak, dan ruam.

Masyarakat pun diimbau untuk segera melakukan pemeriksaan ke tempat pelayanan kesehatan terdekat jika menemukan gejala tersebut agar segera mendapat penanganan.

Baca juga:  Rio Dondokambey Dipercayakan sebagai Ketua Panitia Remaja Teladan Sinode GMIM

Adapun kegiatan diakhiri dengan tanya jawab guna berinteraksi dengan peserta yang adalah pasien dan keluarga, maupun pengunjung agar materi benar-benar bisa dipahami dan diimplementasikan.

Sementara sebagai bentuk apresiasi diberikan sertifikat oleh Dr Henny Liwe, MKes, dan ucapan terima kasih oleh Dr Neni Ekawardani MKes, kepada narasumber dan peserta yang telah terlibat aktif.

Hadir dalam kegiatan edukasi tersebut Kepala Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Kandou, dr Sekplin Sekeon Sp N(K) MPH.(nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *