Pemerintah Kota Bitung Terima Penghargaan UHC Award 2023

Bitung, Barometersulut.com – Pemerintah Kota Bitung dibawah kepemimpinan Walikota Ir. Maurits Mantiri dan Wakil Walikota Hengky Honandar, SE., pada Selasa (14/03/23), kembali menorehkan prestasi dengan menerima Penghargaan Universal health Coverage (UHC) Award tahun 2023.

Terpantau media ini dalam kegiatan, Tema yang diusung pada acara ini UHC sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah dalam Mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi Masyarakat Indonesia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bitung, Rudy Theno mewakili Pemerintah Kota Bitung menerima penghargaan UHC award 2023, yang dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin, Penghargaan UHC award diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Jend. Pol. (Purn) Prof. Drs. H. Tito Karnavian, M.A, Ph.D pada Selasa (14/03/2023)di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan.

Sebanyak 334 Kabupaten/Kota penerima penghargaan UHC. Adapun prestasi dan penghargaan itu diterima oleh Pemkot Bitung dengan cakupan kepesertaan JKN mencapai 100 %. Dengan capaian tersebut maka Pemkot Bitung kota terpilih mendapatkan penghargaan UHC Award 2023.

Baca juga:  Jhon Dumais Sebut, Olly Layak Dampingi Puan Maharani di Pilpres 2024

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin yang hadir pada acara tersebut memberikan arahan agar sinergitas antara lembaga dapat dioptimalkan.

“Harapannya, jaminan kesehatan seluruh masyarakat dapat dipastikan terlindungi melalui program JKN,” kata Ma’ruf Amin dalam pidatonya yang disaksikan secara daring dalam layar lebar di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sleman.

Wapres juga berharap, pencapaian pemerintah daerah yang meraih UHC dapat diikuti oleh pemerintah daerah lainnya di Indonesia.

“Saya minta agar sinergi antara BPJS Kesehatan, kementerian, dan lembaga, bersama seluruh pemda dapat terus dioptimalkan untuk memastikan seluruh warga terlindungi dalam program JKN,” katanya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bitung Rudy Theno kepada sejumlah wartawan menyampaikan, belum merasa puas dengan capaian tersebut. Menurut dia, masih harus mencapai target.

“Iya, saya belum puas meskipun pencapaian 100% tapi keaktifan hanya 95% intinya masih ada kekurangan 5%. Karena sesuai dengan target Nasional di tahun 2024 Kota Bitung harus 100 persen,” kata Rudy Theno usai menerima penghargaan.

Baca juga:  Direktur Perumda Air Minum Duasudara dan Rombongan Tinjau Program MBR di Kelurahan Candi

Lanjutnya, untuk mencapai itu pemkot Bitung akan terus mendorong jajaran perangkat daerah, hingga pemerintah kecamatan dan kelurahan agar warga Bitung bisa 100 terdaftar kepersertaan BPJS Kesehatan.

Kadis Kesehatan Kota Bitung dr. Pitter Lumingkewas menambahkan, penghargaan UHC Award ini merupakan bentuk pengakuan atas keseriusan dan keberhasilan pemerintah dalam memberikan akses kesehatan yang lebih baik bagi masyarakatnya.

“Yang jelas dengan tercapainya UHC ini, pelayanan kesehatan bagi masyarakat serta aksesibilitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat tersu kami tingkatkan,” kata Lumingkewas.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Menteri Dalam Negeri, Menko PMK, Direktur Utama BPJS Kesehatan (Ali Ghufron Mukti), Gubernur, Walikota/Bupati, Kepala Dinas Kesehatan dr. Pitter Lumingkewas dan Kepala Unit BPJS Kesehatan Bitung Frelly Mundung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *