Polres Sangihe Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Samrat 2023

Tahuna, BAROMETERSULUT.com– Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kepulauan Sangihe melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Samrat tahun 2023.

Operasi ini juga dilaksanakan dalam rangka Kamseltibcarlantas menuju Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Bertempat di Mako Polres Sangihe, bertindak sebagai pemimpin Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Samrat 2023 Kapolres Sangihe AKBP Dhana Ananda Syahputra.

Dalam arahannya Kapolres mengatakan, Apel gelar pasukan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda dan kesatuan wilayah ini. Merupakan bagian penting yang harus dilaksanakan dalam suatu proses manegerial, untuk memastikan bahwa Polri beserta seluruh instansi terkait dan segenap masyarakat, benar-benar siap dari segi kekuatan personil, maupun kelengkapan sarana prasarana yang akan digunakan.

“Melalui kegiatan Apel Gelar pasukan, diharapkan dapat melakukan pengecekan terhadap satuan tugas dan sarana yang mendukung kegiatan operasi. Sehingga, seluruh rencana dapat diimplementasikan secara maksimal,” kata Shyaputra.

“Dengan demikian keamanan dan kenyamanan produktifitas dalam berlalu lintas dapat dirasakan oleh masyarakat,” sambungnya.

Dijelaskannya, pelaksanaan operasi ini juga, guna menciptakan kondisi penyelenggaraan Pemilu tahun 2024. Dimana pada saat ini, sudah sementara tahapan pencalonan DPD dan DPR maupun DPRD. Sehingga kekuatan TNI/Polri, Pemda, instansi terkait, maupun Stackholder lainnya dalam rangka mengamankan Pesta Demokrasi tersebut.

“Masuki puncak tahapan Pemilu, kita terus didorong untuk menciptakan situasi yang sejuk dan nyaman bagi masyarakat. Maka pelaksanaan operasi ini bersama TNI/Polri, Pemda bersama Stackholder merupakan salah satu bentuk upaya untuk menggapai kesuksesan pesta demokrasi pemilu 2024 khususnya di Sulut,” ungkapan Kapolres.

Bahkan angka kecelakaan lalulintas diutarakan Kapolres, selama 2 bukan terakhir mengalami penurunan yang signifikan sebesar 9,2 persen dari 259 kecelakaan pada bukan Juni, menjadi 235 pada bulan Juli 2023. Untuk korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalulintas juga mengalami penurunan sebanyak 20 persen.

“Oleh karena itu guna memelihara kamtibmas Pemilu 2024 Polri beserta seluruh jajaran yang didukung instansi terkait, menggelar operasi Samrat 2023 selama 14 hari sejak tanggal 4 sampai 17 September 2023,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Sangihe IPTU Ismail Diko menjelaskan, jadi pada operasi Zebra Samrat tahun 2023 ini, pihak Satlantas Polres Sangihe akan melakukan patroli dengan cara hunting.

Nah, nantinya pada patroli ini pihak Satlantas akan menindaki para pengendara baik R2 maupun R4 yang tidak melengkapi kendaraannya.

“Sasaran utama digelarnya operasi Zebra Samrat ini, kami akan melakukan pendindakan bagi para pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot racing, yang mana knalpot racing ini sudah meresahkan masyarakat, bahkan pelanggaran kasat mata, seperti tidak menggunakan helm, tidak adanya kaca spion, TNKBnya tidak ada, tidak ada plat nomor,” kata Diko.

(Christ)

Pos terkait