Dilirik Kemenparekraf, Bukit Savana Lihunu Bakal Jadi Daya Tarik Wisata Internasional

Minut, Barometersulut.com- Wisata keindahan alam Kabupaten Minahasa Utara menjadi daya tarik perhatian Pemerintah Pusat. Buktinya bersama Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara didorong mempercepat penyusunan rencana induk (Masterplan) daya tarik wisata (DTW) Bukit Savana Lihunu, DSP Likupang, Sulawesi Utara.

Kemenparekaf melalui Direktorat Pengembangan Destinasi II, Kedeputian Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur bersama Pemkab Minut melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di Hotel the Sentra Manado.

“FGD ini bertujuan untuk penyusunan dokumen perencanaan daya tarik wisata pada Key Tourism Area (KTA) DSP Likupang, yakni di Daya Tarik Wisata Bukit Savana Lihunu, Desa Lihunu, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara,” kata Deputi, Senin (20/3).

Baca juga:  Rizya Ganda Davega "Kawal Ketat" Siti Atiqoh Supriyanti Swafoto Bareng Relawan GAMA se- Sulut

Dalam dikusi ini lanjut Deputi, disampaikan proses bisnis pekerjaan penyusunan master plan yang sudah mencapai 40%. Dimana saat ini sudah menapak pada Langkah ke-7 dari 15 dari tahapan yang harus dijalani.

“Kegiatan FGD ini, dilakukan untuk memaparkan hasil survey lapangan dan konsep pengembangan serta mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan pada 7 instansi Kementerian/Lembaga dari Pemerintah Pusat, 5 OPD Pemerintah Provinsi, 11 OPD Pemerintah Kabupaten dan 8 Perwakilan desa,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E., M.A.P., MM., M.Si, mengungkapkan, Pemkab Minut menyambut baik dan siap mendukung adanya program-program pengembangan di Bukit Savana Lihunu.

“Pemkab Minut siap mendukung program tersebut untuk dilaksanaka guna menjadi penyangga kawasan Destinasi Super Prioritas Likupang,” ucap Bupati Joune.

Diketahui, Biro Perencanaan dan Keuangan yang menjadi Narasumber dalam FGD bersama Kemenparekraf membahas terkait kebijakan DAK dan Tim Tenaga Ahli dari Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi, Manado dan Universitas Katolik De La Salle Manado.

Baca juga:  Pilpres 2024, Denny Lolong Ajak Kader Banteng di Minut Berjibaku Menangkan Ganjar- Mahfud

Nampak hadir dalam FGD tersebut , Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E., M.A.P., MM., M.Si, Plt. Deputi Pengembangan Destinasi / Staf Ahli Kemenpar ,Dr.Frans Teguh,S.ST. Par,M.A,C.HE, Sekretaris Deputi , Ibu Dra.Oneng Setya Harini.MSi, Tim Penyusun Masterplan Bukit Savana Lihunu, Camat Likupang Timur, Hukum tua Desa Lihunu dan perwakilan tokoh masyarakat.(nando)

Pos terkait