Natingkaseh: 151 Siswa Mendaftar Seleksi Capas tahun 2023

Franky Natingkaseh

Tahuna, BAROMETERSULUT.com- Sebanyak 151 siswa/siswi yang ada di Kabupaten Kepada Sangihe telah mendaftar seleksi Calon Paskibraka (Capas) tahun 2023.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sangihe Franky Natingkaseh, Selasa (21/03/2023).

Bacaan Lainnya

Dikatannya, program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) adalah program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila yang terdiri dari pelajar putra dan putri terbaik yang merupakan kader bangsa untuk melaksanakan tugas mengibarkan/menurunkan duplikat Bendera Pusaka pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila baik di tingkat Nasional/Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Baca juga:  Seleksi Capas Kabupaten Sangihe tahun 2023 Dimulai

“Mulai tahun 2023, untuk pelaksanaan Program Paskibraka di tingkat Nasional dibawah koordinasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), dan di Kabupaten Kepulauan Sangihe dibawah koordinasi Badan Kesbangpol Kabupaten Kepulauan Sangihe,” kata Natingkaseh.

Dijelaskannya, pembentukan Paskibraka di Kabupaten Kepulauan Sangihe saat ini masih sementara berproses, dan dalam tahapan seleksi setelah pendaftaran dibuka secara online di Web Paskibraka.bpip.go.id mulai dari tanggal 1-17 Maret 2023. Sampai dengan ditutupnya pendaftaran hari Jumat tanggal 17 Maret 2023.

“Maka yang telah mendaftar sebanyak 151 Siswa dan yang dinyatakan lolos dalam verifikasi berkas calon peserta Paskibraka tahun 2023, sebanyak 131 siswa yang selanjutanya akan masuk dalam tahapan seleksi Parade, Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Intelegensia Umum, PBB dan Kesamaptaan serta Kepribadian,” jelas Natingkaseh.

Seleksi pembentukan Paskibraka dirinya menyebutkan, dilaksanakan secara transparan, dan siswa yang terbaiklah yang akan terpilih menjadi Paskibraka utusan Kabupaten Kepulauan Sangihe di tingkat Provinsi dan yang akan bertugas sebagai Paskibraka di Tingkat Kabupaten.

Baca juga:  Abast: 8 Paket Air Bersih Dana PEN Dalam Proses Tender

“Semoga kita dapat mempersiapkan Putra/Putri terbaik yang diharapkan dapat mengharumkan kembali nama baik Kabupaten Kepulauan Sangihe di tingkat Nasional,” ungkap dia.

Dia menambahkan, pada pelaksanaan seleksi ada beberapa unsur terkait.

“Jadi memang ada beberapa unsur terkait dalam seleksi ini, dari Pemda, TNI/Polri, Akademisi dan BPPI,” tambahnya.

Diketahui dari 151 siswa yang melakukan pendaftaran yang lolos verifikasi berkas 131 orang, terdiri dari Putra 76 orang dan Putri 55 orang.

Nantinya, mereka (Capas) akan dilakukan seleksi, dan merekrut sebanyak 32 orang dua diantaranya akan diutus mengikuti seleksi di tingkat Provinsi hingga ke tingkat Nasional.

(Christ)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *