Tiga Jam Bersama Insan Pers Minut, Bupati Joune Ganda Tegaskan Suka Kritikan Membangun , Anti Berita “Gula-Gula”

Minut,BAROMETERSULUT.com–   Bupati Minahasa utara ( Minut) Bupati Joune J E Ganda, SE. MAP. MM. MSi
menegaskan pemerintahan yang dipimpinnya bersama Wakil Bupati Kevin William Lotulung terus membuka partisipasi publik termasuk insan pers dalam segala aspek pembangunan.

Hal ini ditegaskan Bupati Joune Ganda  saat menggelar coffee morning insa pers pers desk liputan Minut,jumat (27/1) di Atrium kantor Bupati Minahasa Utara.

Pada kesempatan itu, Bupati Joune Ganda menuturkan sebagai mitra Pemkab Minut insan pers perlu menjadi mata dan telinga Bupati dalam memantau kinerja OPD yang ada.

” Sebagai salah satu pilar pembangunan Insan pers perlu memainkan peran kontrol sosial dengan kode etik jurnalis dan moralitas serta profesional”kata JG, sapaan akrabnya.

Menurut JG, memasuki tahun kedua kepemimpinan dia bersama KWL, Kabupaten Minut telah mengalami banyak kemajuan dan prestasi, baik dalam sistim administrasi maupun pembangunan infrastruktur.

“Dengan fungsi sebagai”corong Pemerintah” maka saya berharap agar insan pers di Minut memiliki kewajiban moral untuk mengeksplor berbagai sektor pembangunan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan”ujar Ketua umum Asprov PSSI Sulut itu.

Namun demikian lanjut JG, dia menyadari ditengah keberhasilan dan capaian yang telah diraih saat ini, masih ada sejumlah kekurangan bahkan kelemahan khususnya yang berkaitan dengan “human Error” para lemimpin OPD yang ada.

Baca juga:  Pomdam XIII/Merdeka Tahan Pelaku Tabrak Lari Dua Sejoli di Negrek

“Pada kesempatan ini saya tegaskan Pemkab Minut tidak anti kritik sekaligus tidak minta berita”gula-gula”.Saya persilahkan insan pers untuk melakukan kritikan asalkan dibarengi dengan data, bukan opini atau mainset pribadi saja atau demi popularitas pribadi semata”tegasnya sambil menambahkan agar dalam pemberitaan perlu mengedepankan aspek balance atau berimbang.

Dalam kesempatan itu,Bupati JG juga meminta agar insan pers mendukung promosi berbagai sektor prioritas antara lain DPSP Likupang yang baru saja ditinjau langsung oleh Presiden Jokowi.

“Saya mengetahui bahwa selain pemberitaan, awak media juga sangat aktif dalam bermedsos.Untuk itu diharapkan untuk  membantu promosi dan berinteraksi dengan akun media sosial milik Pemkab”ungkapnya.

Dalam kegiatan itu Bupati memberikan kesempatan kepada para wartawan untuk mengajukan pertanyaan, saran bahkan kritikan terhadap pembangunan yang sedang berjalan.

ketika diberikan kesempatan untuk bertanya, tampak para pekerja pers terlihat antusias mengajukan pertanyaan antara lain seputar pelayanan publik, pembangunan infrastruktur, Pariwisata hingga kinerja para pimpinan OPT termasuk soal kerja sama dengan media.

Baca juga:  Jawab Permintaan Petani, Pemprov Sulut Tambah Alokasi Pupuk Bersubsidi

Dengan kepiawaian dan intektualitas yang sangat mumpuni, Bupati JG menyawab semua pertanyaan secara jelas, tegas dan tuntas.

“Sekali lagi terima kasih atas kehadiran, saya bersama pak Wakil tetap berharap rekan media akan mendukung seluruh program kerja dari tingkat pejabat eselon II hingga hukum  tua.” tandas Ketua DPD PINKAN Sulut itu dengan gaya khasnya.

Sementara itu Kadis Robby Parengkuan mengatakan siap membawa perubahan dan pembenahan internal, khususnya dalam hal pengelolaan kerjasama dengan media.

” Yang pasti sesuai arahan dan perintah Pak Bupati tidak ada lagi masalah dengan kerjasama media, semua harus dikerjakan dengan transparan, proposional dengan prioritas utama biro liputan Minut”ujar Robby sambil meminta agar wartawan biro Minut aktif melakukan peliputan setiap kegiatan pimpinan.

Turut hadir dalam pertemuan ini, Asisten I Minut Umbase Mayuntu, Asisten II Allan Mingkid, Asisten III Rivino Dondokambey, Staf ahli Bupati Olfie Kalengkongan, Toar Sendouw, Jouvita Supit, Kadis Kominfo Robby Parengkuan, Kaban BKPP Styvi Watupongo serta Kasatpol PP Bobby Nayoan.(nando)

Pos terkait