JG-KWL Hadiri Rapat Pembahasan Percepatan Pengelolaan Sampah di kawasan DPSP Likupang Bersama Dirjen PSLB3

Minut, BAROMETERSULUT.com– Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E., M.A.P., dan Wakil Bupati Kevin W. Lotulung, S.H., M.H., menghadiri undangan rapat bersama Direktur Jendral Pengelolahan Sampah, Limbah Dan Bahan Berbahaya Dan Beracun (PSLB3) Rabu (12/10) di Jakarta.

Dalam rapat tersebut juga dibahas Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan serta gambaran pengelolaan limbah B3 medis (kondisi, masalah dan upaya yang dilakukan Pemkab Minut dalam mengatasi kendala pengelolaan limbah B3 medis) serta Percepatan Pengelolaan Sampah di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang.

Diketahui, Pelaksanaan rapat merupakan hasil tindak lanjut kunjungan Kementerian Lingkungan Hidup Direktorat Jenderal Pengelolahan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun di DPSP Likupang pada tanggal 17 – 20 Agustus 2022, silam.

Baca juga:  Manado Kembali Di Terjang Banjir Bandang

Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E., M.A.P., mengatakan Pentingnya penanganan sampah dilakukan mengingat dampak yang akan ditimbulkan oleh lahan terkontaminasi Limbah B3 kepada lingkungan dan kesehatan masyarakat, terutama kelompok rentan terpapar seperti perempuan dan anak-anak.

” Selain itu Kompleks pemukiman masyarakat, kawasan DPSP juga harus bersih dari sampah dan harus hijau karena prinsip pengelolaanya berdasarkan Green Economy.”ujar Joune Ganda.

Untuk itu kata Bupati Joune Ganda, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara akan terus berupaya maksimal dalam memanfaatkan sumber daya yang ada agar persoalan Limbah B3 dapat ditangani dengan cepat dan tepat, khususnya pada kawasan DPSP Likupang dan Kabupaten Minahasa Utara pada umumnya.

Baca juga:  DPRD Manado Paripurnakan AA-RS sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Terpilih Periode 2021-2024

” Mengingat pentinganya penanganan sampah sebagai bentuk investasi lingkungan sehat di masa depan, maka upaya penanganannya membutuhkan dukungan semua pihak melalui komitmen bersama untuk tidak membuang sampah sembarangan”tandas Wakil ketua bidang Ekonomi DPD PDI Perjuangan Sulut itu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Vivien Ratnawat mewakili Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenko Marves Edi Susilo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Utara Marthen Sumampouw, pihak MPRD Paquita Widjaja.(*/nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *