Pemkab Minut Raih Opini Tertinggi Pelayanan Publik dari Ombudsman RI, Naik Drastis di Banding Tahun 2022

Minut,BAROMETERSULUT.com- Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda, SE, MAP,MM,MSi dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, SH.MH berhasil meraih opini kategori A(Kualitas TerTinggi) dengan skor 92,56 (Zona Hijau) dari Ombudsman Republik Indonesia hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023.

Hal ini berbanding jauh pada tahun 2022 lalu Pemkab Minut hanya mencapai Kategori D yakni zona merah atau kualitas rendah. Dengan skor nilai Ini menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan di tahun 2023

Adapun acara penganugerahan predikat pelayanan publik dari Ombudsman Republik Indonesia tersebut, melalui Zoom Meeting yang diikuti oleh Kabag Ortal Setda Minut Herman Mengko S.IP M.Si

“Puji Tuhan bisa mendapat capaian skor nilai yang tinggi ini berdasarkan hasil evaluasi pelayanan publik dari Ombudsman Republik Indonesia,” kata Bupati Joune Ganda, SE.MAP,MM,MSi MM, kepada media Jumat, (15/12/2023).

Baca juga:  Pesan Natal Denny Tewu

Bupati Joune Ganda menegaskan, wujud Penilaian dari ombudsman Republik Indonesia itu menunjukkan bahwa pelayanan publik dijajaran Pemkab Minut terus menunjukkan kemajuan yang signifikan.

” Saya berharap capaian membanggakan ini agar dipertahankan bahkan ditingkatkan pada tahun depan.” tandas Bupati Joune Ganda sembari memberi
apresiasi kepada pimpinan OPD yang telah bekerja keras memperbaiki sistim pelayanan publik.

Secara terpisah, Kabag Ortal Setda Minut Herman Mengko S.IP M.Si menjelaskan penganugerahan ini berdasarkan Surat Keputusan Ombudsman RI Nomor 418 tahun 2023 Tentang Hasil Penilaoan Kepatuhan Pelayanan Publik.

Dimana katannya, Kabupaten Minahasa Utara di Tingkat nasional mendapat peringkat ke 56 Kategori Kabupaten Zona Hijau, Opini Kualitas Tertinggi, Kategori A dengan nilai 92,56. Untuk Kab/Kota Sulawesi Utara, Kab.Minahasa Utara di posisi peringkat ke-4.

Baca juga:  Bupati Minut Jadi Panelis Investor Daily Summit 2021, Joune Ganda: Sumber Daya Manusia Penentu Utama!

Dikatakannya, bahwa peringkat tersebut diatas didapatkan berdasarkan 7 Lokus Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik oleh Ombudsman RI,:
1. Dinas Sosial
2. Dinas Kependudukan & Catatan Sipil
3. Dinas Penanaman Modal & PTSP
4. Dinas Pendidikan
5. Dinas Kesehatan
6. Puskesmas Kolongan
7. Puskesmas Tatelu

” Capaian ini semata-mata berkat motivasi, arahan dan dukungan penuh dari Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati serta Pak sekretaris daerah serta kerjasama seluruh Jajaran yang menjadi lokus penilaian kepatuhan pelayanan publik oleh Ombudsman RI” kata Herman Mengko(nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *