Tamuntuan Buka FGD Rencana Detail Tata Ruang

Tahuna, BAROMETERSULUT.com- Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan membuka Focus Group Discussion (FGD) Rencana Detail Tata Ruang Kawasan Perbatasan Negara dan Konsultasi Publik 1 KLHS pada KPN Tahuna dan Marore, di Tahuna Baech Hotel, Selasa (5/09/2023).

Dalam sambutannya Pj Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan mengatakan, oleh karena itu, selaku Pimpinan Pemerintahan di Daerah ini, dirinya menyambut kedatangan Tim Direktorat Jenderal Tata Ruang, Badan Pertanahan Nasional, dan mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih karena boleh hadir serta menyelenggarakan Acara Focus Group Discussion Saat ini.

“Kawasan perbatasan negara merupakan salah satu Kawasan strategis nasional, yang wilayah penataan ruangnya sangat diprioritaskan. Karena mempunyai pengaruh sangat penting, secara nasional terhadap kedaulatan negara serta pertahanan dan keamanan negara,” kata Tamuntuan.

Baca juga:  BPOM Sangihe Bakal Sidak Barang Kadaluarsa Jelang Natal

Dia menyebutkan, pengembangan kawasan perbatasan negara memperhatikan 3 aspek, yaitu pertahanan dan keamanan (security), pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat (prosperity), dan keberlanjutan serta berwawasan lingkungan (environmental).

“Selain itu, pengembangan kawasan perbatasan negara perlu juga memperhatikan Prinsip-prinsip pengembangan ekonomi biru dan ekonomi hijau,” ungkap Tamuntuan.

Dijelaskannya pula, berdasarkan UU no 6 tahun 2023 dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2021, penyusunan Rencana Detail Tata Ruang kawasan Perbatasan Negara (RDTR KPN) Tahuna dan Marore, berperan sebagai alat operasionalisasi dan koordinasi pelaksanaan dan pengendalian pemanfaatan ruang pada wilayah Tahuna dan Marore di Provinsi Sulawesi Utara.

“Untuk itu, mengingat sangat strategisnya kawasan perbatasan negara sebagai beranda depan NKRI, penetapan RDTR KPN dalam bentuk Peraturan Presiden perlu dilakukan untuk mewujudkan fungsi pertahanan dan keamanan negara yang menjamin keutuhan, kedaulatan, dan ketertiban wilayah negara,” jelasnya.

Baca juga:  Penempatan Trikora, Pemkab Prioritaskan Pedagang Lama

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, dirinya berharap Focus Group Discussion yang dilaksanakan di hari ini dapat diikuti dengan serius, sehingga akan benar-benar mencapai apa yang kita tuju.

Hadir pada kegiatan tersebut Pimpinan OPD serta Forkopimda.

(Christ)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *