Prestasi Tingkat Nasional, Bupati Minut Terima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Jokowi 

BAROMETERSULUT.com Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda menerima Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI Joko Widodo.

Diketahui, Penghargaan ini diberikan kepada 59 kepala daerah baik gubernur, bupati dan wali kota, kepala dinas pertanian dan penyuluh pertanian terpilih atas dedikasi dan inovasi yang dilakukan dalam bidang pertanian.

Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI Joko Widodo diberikan lewat penyematan lencana penghargaan oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo pada pembukaan Pekan Nasional (Penas) Kelompok Petani Nelayan Andalan (KTNA) Indonesia yang ke XVI dilaksanakan Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/6/2023).

Mentan Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, Penas KTNA XVI merupakan momentum penguatan potensi pertanian dalam menjaga ketahan pangan nasional.

“Penas KTNA XVI merupakan penas yang sangat strategis untuk menyatukan pandangan kita, gerak kita, padangan untuk menjaga bangsa ini,” ujarnya.

Limpo menegaskan bahwa Penas KTNA XVI bukan ajang pameran, tetapi ajang komunikasi serta memberikan contoh dalam mengahadapi cuaca dan kondisi alam khususnya 2023 dan 2024.  Pasalnya, dalam prediksi Badan Meteorologi Klmatologi dan Geofiisika (BMKG), musim kemarau akan berlangsung kering karena El Nino di tahun 2023.   El Nino adalah fenomena perubahan iklim secara global yang diakibatkan oleh memanasnya suhu permukaan air laut Pasifik bagian timur.

Baca juga:  Danlantamal VIII Juara Satu, Pangdam XIII Merdeka Runner Up

Olehnya, Presiden RI Joko Widodo melalui Kementerian Pertanian memberikan tanda kehormatan kepada para kepala daerah yang memberi perhatian lebih kepada pertanian.  Adapun Satyalancana Wira Karya ini merupakan penghargaan kepada setiap orang warganegera Indonesia, yang telah memberikan darma baktinya yang besar kepada Nusa dan Bangsa hingga dapat dijadikan teladan bagi orang lain.

Maka dari itu, Berdasarkan petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 29/TK/Tahun 2023 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya, dijelaskan bahwa Bupati Minut Joune Ganda dinilai telah berperan aktif dalam bidang pertanian melalui program pengembangan kelapa genjah Jingga Ganda (JG) sebagai varietas unggul kelapa dengan menetapkan kebun dan varietas pohon induk terpilih, perluasan area, pembatasan alih fungsi lahan dan gerakan percepatan, pembinaan, dan pengawalan dalam usaha pertanian yang berkolaborasi dengan stakeholder terkait sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Yang pasti, pemberian penghargaan ini melalui proses panjang, serta banyak indikator yang ditetapkan sebagai syarat menerima penghargaan dari Pak Presiden ini.  ” Kami menggunakan tim verifikasi dari pihak eksternal, mulai dari BIN, KPK, kepolisian, kejaksaan dan lainnya. Setelah melalui tahapan yang panjang dan ketat, telah dipilih nama-nama penerima tanda penghargaan dari Pak Presiden,” ujar Mentan Limpo.

Sementara itu, Bupati Minut Joune Ganda mengatkan bahwa penghargaan yang diterima ini sepenuhnya dipersembahkan bagi seluruh masyarakat Minahasa Utara.   “Yang jelas, Penghargaan yang saya persembahkan kepada seluruh masyarakat Minut dalam hal pengembangan sektor pertanian,” ujar Bupati Joune.

Baca juga:  Dandim 1309/Manado Ancam Pecat Personil Terlibat Narkoba

Sebagai bentuk komitmen dan tindak lanjut atas prestasi tersebut, ke depan, Pemkab Minut akan memberi penguatan dalam anggaran bagi sektor pertanian.

“Kebijakan yang akan kami lakukan dengan memperhatikan alokasi anggaran di sektor pertanian, mengingat sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah) kita 60 persennya bersumber dari sektor pertanian. Oleh sebab itu tentunya sangat tepat apabila kita memperhatikan alokasi anggaran untuk mengembangkan industri pertanian di Minut,” ujar Bupati Joune.

Selanjutnya yaitu bekerjasama dengan kelompok tani serta melakukan pengembangan lewat Dinas Pertanian. Tak lupa Bupati Joune Ganda berterima kasih kepada Pemprov Sulut, di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw.

“Penghargaan dan prestasi ini tidak lepas berkait sinergitas dengan Pemprov Sulut,salah satunya melalui program “marijo ba Kobong.Untuk itu, saya menyampaikan  Terima kasih kepada pak gubernur Olly Dondokambey dan pak wakil gubernur Steven Kandouw” tandas Bupati Joune Ganda sambil menegaskan bahwa Penghargaan ini membuktikan bahwa dunia pertanian Minahasa Utara memiliki potensi dan daya saing pada tingkat nasional.(nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *