Kejati Sulut  Menang Telak Atas Gugatan Maria Sumakul, Sengketa Lahan Perkebunan “Tandun Puten” di Manado

Manado,BAROMETERSULUT.com– Tim Jaksa Pengacara Negara (JPN) pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara menang atas gugatan yang diajukan oleh Penggugat /Termohon Kasasi Maria Nellie Awuy Sumakul pada tingkat Kasasi di Mahkamah Agung RI.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut Edy Birton,S.H., M.H. melalui  Kasi Penkum Theodorus Rumampuk, S.H., M.H.) menjelaskan bahwa Tim Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejati Sulut dalam perkara perdata ini mewakili untuk dan atas nama Negara cq Presiden Direktur PT. Angkasa Pura I cq. General Manager Bandara Samratulangi Manado sebagai Legal Mandatory dari PT. Angkasa Pura I, Dk selaku Pemohon Kasasi.

”  Berdasarkan Sertifikat Hak Pengelolaan Nomor 1 tanggal 26 Juni 1995 tanah tersebut merupakan asset Negara yang dikelola oleh Tergugat /Pemohon Kasasi” ujar Rumampuk.

Baca juga:  Danrem 131/Santiago Salut Kemanunggalan TNI-Rakyat

Dia menegaskan  berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor: 559 K/PDT/2022 Jo Nomor :456/Pdt.G/2016/PN.Mnd Tanggal : 21 Maret 2022 yang selengkapnya dalam amar putusan menyatakan :

Mengadili :
1. Mengabulkan permohonan kasasi dari Pemohon Kasasi I : Presiden Direktur PT. Angkasa Pura I berkedudukan di Jakarta cq. General Manager Bandara Samratulangi Manado sebagai Legal Mandatory dari PT. Angkasa Pura I, di Manado dan Pemohon Kasasi II Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia tersebut;

2. Membatalkan putusan Pengadilan Tinggi Manado Nomor : 140/PDT/2019/PT. MND tanggal 17 Desember 2019 yang menguatkan putusan Pengadilan Negeri Manado Nomor : 465/Pdt.G/2016/PN. Mnd, tanggal 31 Juli 2018.

Mengadili Sendiri:
Dalam Provisi:
– Menolak gugatan provisi Penggugat;
Dalam Eksepsi;
– Menolak eksepsi Tergugat II, Turut Tergugat I dan Turut Tergugat II;
Dalam Pokok Perkara;
– Menolak gugatan Penggugat untuk seluruhnya;

Baca juga:  Pangdam Suguhkan Tembang "Gereja Tua dan Rumah Kita"

3. Menghukum Termohon Kasasi untuk membayar biaya perkara dalam semua tingkat peradilan, yang dalam tingkat kasasi sejumlah Rp. 500.000,00 (Lima Ratus Ribu Rupiah);

“Adapun yang menjadi obyek gugatan dari Penggugat/Termohon Kasasi kepada Tergugat/Pemohon Kasasi yaitu sebidang tanah kebun seluas 26.880 M2 yang menurut Penggugat/Termohon Kasasi terletak diwilayah perkebunan yang disebut “TADUN PUTEN” di Desa Mapanget Barat, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara. “tandas Rumampuk.(nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *