Puskesmas Manggaran Belum Beroperasi, Ini Alasannya

Talaud, BAROMETERSULUT.com- Akibat belum adanya pasokan listrik, UPTD Puskesmas Mangaran yang terletak di Jalan Sawang, Desa Taduna Kecamatan Kabaruan belum dimanfaatkan.

Keadaan ini sangat dibutuhkan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah dalam peningkatan pelayanan kesehatan UPTD Puskesmas Mangaran di Pulau Kabaruan. Bangunan yang memiliki 2 lantai tersebut dilengkapi dengan Ruang IGD, yang sedianya akan dimanfaatkan pada tahun 2022, akan tetapi masih terkendala dengan belum adanya listrik yang terpasang di UPTD Puskesmas Mangaran yang baru tersebut.

Banyak Pihak yang terlibat dalam upaya pemanfaatan Gedung Puskesmas Mangaran, bahkan Camat Kabaruan Nelson A. Sarempaa, SE akan mengambil tindakan dalam upaya pembersihan gedung baru tersebut dengan melakukan kerja bakti bersama 12 desa di Kecamatan Kabaruan.

Baca juga:  Pemkab Talaud Gelar FGD Evaluasi Serapan Anggaran Tahun 2021

Selain itu, Forkopincam ikut serta agar upaya peningkatan Pelayanan Kesehatan di Kecamatan Kabaruan bisa ditingkatkan dan diupayakan dengan semaksimal mungkin.

” Kendati Puskes Mangaran ini belum beroperasi, namun kami bersama pemerintah desa dan masyarakat lakukan upaya pembersihan halaman bangunan agar tetap bersih,” ujar Camat Sarempa.

Terpisah, Kepala puskesmas (Kapus) Mangaran, dr. Grace Bambulu mengatakan sangat diharapkan bangunan Puskesmas Mangaran secepatnya dapat beroperasi untuk dapat digunakan demi pelayanan kesehatan masyarakat di Kecamatan Kabaruan.

” Kami pihak Puskesmas Mangaran maunya secepatnya pindah ke gedung Puskesmas yang baru karna gedung yang lama ini sudah sangat sempit beberapa bilik ruangan di tumpuk barang yang akan di pasang di gedung yang baru karna belum ada listrik sehingga barang-barang tersebut belum di pasang,” harap Bambulu.

Baca juga:  BUMI PORODISA BERDUKA: Ketua FKUB Kabupaten Kepulauan Talaud Pdt.FS.Wuana, MTeol Tutup Usia

Lanjutnya, belum lagi beberapa ruangan termasuk Ruang Inap atapnya sudah bocor dan rusak. “Dan kami sudah mengajukan proposal penganggaran di APBD Pergeseran,”ujarnya.

Sementara Kadis Kesehatan dr. Kerry Monangin, menjelaskan kendalanya listrik belum terpasang hal ini waktu pengerja PLN minta untuk menambah tiang, tapi di RAB tidak cukup untuk penambahan tiang sehingga tidak terpasang.(nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *