Gubernur Olly Dondokambey Hadiri SMPL PGI Tahun 2022

Tahuna, BAROMETERSULUT.com – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE, menghadiri Sidang Majelis Pekerja Lengkap (SMPL) Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) tahun 2022, dengan mengangkat Tema ‘Spritualitas Keugaharian Membangun Keadaan Publik Demi Pemeliharaan Bumi Sebagai Sakramen Allah’, Jumat (28/1/2022) di GMIST Jemaat Betlehem Tahuna.

Dalam sambutannya Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME mengatakan, selaku Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe mengucapkan selamat datang kepada bapak ibu sekalian, yang hadir dari seluruh wilayah NKRI yang dicintai, bapak ibu berada disalah satu kabupaten yang berada di perbatasan paling ujung Utara.

Bacaan Lainnya

“Diwilayah perbatasan ini kami selaku pemerintah dan masyarakat dalam komitmen menjaga NKRI dalam keutuhan. Untuk itu degan keberadaan dan kondisi kami yang ada di wilayah kepulauan. Kami sangat bersukacita dengan kehadiran saudara sekalian dari berbagai Gereja dalam pertemuan SMPL PGI tahun 2022 ini,” ungkap Gaghana.

Baca juga:  Bupati Gaghana Serahkan LKPD Kepada BPK RI Perwakilan Sulut

Bupati menjelaskan, Kabupaten Kepulauan Sangihe sendiri memiliki keragaman baik suku dan berbangsa ditengah masyarakat memiliki berbagai agama, meskipun sebagian besar adalah umat Kristiani. Namun tetap hidup berdampingan dengan baik dengan agama lainnya.

“Sehingga pada tahun 2021 Kabupaten Kepulauan Sangihe, menjadi salah satu dari tujuh Kabupaten/Kota se-Indonesia menerima Harmoni Award. Ini adalah komitmen kami menjaga kerukunan antar umat beragama,” jelas Gaghana.

Bupati juga mengungkapkan terkait kegiatan sidang, segalanya persiapkan itu dirancangkan dengan baik. Baik dari sinode GMIST maupun dari pemerintah, dengan satu kerinduan sidang ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar, bahkan dapat melahirkan ide dan gagasan demi kemajuan pelayanan Gereja kedepan.

“Sebagai panitia dan pemerintah, kami sangat berterima kasih atas dukungan arahan oleh Gubernur yang sangat luar biasa, guna mensukseskan agenda ini serta dukungan dari Pemrov Sulut kepada panitia,” kata Gaghana.

Sementara itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE menyatakan, pemerintah dan seluruh masyarakat Sulawesi Utara khususnya masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe mengucapkan selamat datang kepada bapak ibu peserta sidang PGI.

Baca juga:  Masyarakat KPM Kecamatan Tabut dan Nustab Terima Bansos PPKM Darurat

“Semoga apa yang bapak ibu lihat disini semua baik. Dan juga kita bisa melihat kerja sama Forum Koordinasi Umat Beragama (FKUB) di Provinsi dan Kabupaten/Kota sangat baik. Tentunya ini peran tokoh-tokoh agama sangat berperan,” ujar Dondokambey.

“Pada tahun 2019 sampai sekarang Dunia dilanda dengan Covid-19, tapi kita yakin dan percaya atas kuasa Tuhan semua bisa terlalui. Sehingga pada tahun 2022 ini sidang PGI bisa terlaksana dan bisa terkumpul di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” sambungnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Sulut Fransiscus Andy Silangen bersama Ibu, Ketua TP-PKK Provinsi Sulut Rita Dondokambey-Tamuntuan, Ketua Umu PGI Pdt Gomar Gultom, Bupati Sitaro Evangelin Sasingen, Wabup Sitaro John Palandung, Anggota DPRD Sulut Tony Supit, Komisaris Utama PT BSG, Forkompimda Sangihe, Anggota DPRD Sangihe, Sekda Sangihe Melanchton Harry Wolf, Para Asisten Setda Sangihe, serta para tamu undangan. (Christ)

Pos terkait