Joune Ganda Terpilih Ketua DPD PINKAN Sulut 2021-2025

TOMOHON, BAROMETERSULUT.com -Atas kepedulian dan komitmen mendukung pelestarian, pengembangan serta pemberdayaan seni Kolintang di Sulut, Joune Ganda, SE terpilih ketua Pengurus Insan Kolintang Indonesia (PINKAN) periode 2021-2025.

Penetapan Joune Ganda sebagai ketua DPD Pinkan Sulut itu diputuskan secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah II Pingkan Sulut, Sabtu (30/1/2021) di RBN Wale Ma’ Zani Tomohon.

Usai terpilih Joune Ganda, SE dalam sambutannya kembali menjelaskan secara rinci 8 point dalam vis-misi sebagai ketua.

“Salah satu point penting yang akan saya wujudkan dalam kepengurusan ini adalah melakukan pemberdayaan 4 pilar yang berkaitan dengan Kolintang sehingga memilki nilai ekonomi.”ujar Joune.

Dia mengurakan pemberdayaan yang dimaksud adalah menjadikan seni kolintang menjadu Way of Live bagi seluruh masyarakat Kolintang terkait.

Baca juga:  Sinergitas JGKWL- DKL, 'Berbuah' Opini Wajar Tanpa Pengecualian

“Selain upaya melestarikan Kolintang sebagai aset seni dan budaya, kami juga akan meningkatkan perekonomian seluruh stakeholder kolintang.” Katanya.

Untuk itu ujar Joune, setelah terpilih prioritas adalah merampungkan komposisi kepengurusan dengan memasukan keterwakilan para stakeholder di 7 Kabupaten Kota di Sulut.

“Yang pasti seluruh stakeholder yang punya komitmen besar serta terpanggil untuk mengembangkan dan menjadikan seni Kolintang makin maju, bernilai budaya dan ekononi yang tinggi bagi masyarakat Sulut ” tandas Bupati Minut terpilih itu sambil berharap upaya dan komitmen pengurus DPD Pinkan Sulut mendapat dukungan dari pemerintah Kabupaten dan Kota Se-Sulut.

Sementara itu ditempat yang ketua harian DPP Pinkan Drs Jopie J.A.Rory,SH.MH kepada wartawan menegaskan sosok Joune Ganda sangat tepat di pilih jadi ketua DPD Pinkan Sulut, pasalnya selain memiliki jaringan politik dan birokrasi hingga tingkat pusat juga merupakan salah seorang warga Sulut yang sangat peduli dan memiliki perhatian terhadap perkembangan dan pemberdayaan seni budaya asli Sulut, khususnya Kolintang.

Baca juga:  Gubernur Sulut Inginkan Pangdam dijabat "Putra Sulut"

“Saya pribadi mendukung penuh dan optimis kepengurus DPD Pingkan Sulut di bawah kepemimpinan Joune Ganda seluruh stakeholder Kolintang akan mengalami kejayaan dan kesejahteraan.” tandas Advokad kawanua yang berpraktek di Jakarta itu.

Acara Musda II Pinkan Sulut ini turut dihadiri oleh perwakilan organisasi dan pemerhati serta stakaholder kolintang dari berbagai Kabupaten dan kota di Sulut serta pejabat dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulut.(nando)

Pos terkait