Komitnen Bangun Minut, JG-KWL Siapkan Program Sektoral Bidang Pertanian

MINUT, BAROMETERSULUT.com – Kabupaten Minahasa Utara (Minut) memiliki segudang potensi sumber daya alam. Salah satunya paling besar adalah pertanian. Diketahui lahan pertanian di Minut merupakan yang paling terbesar. Hal ini menjadi komitmen utama pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda-Kevin W Lotulung (JG-KWL) jika dipercayakan masyarakat untuk memimpin Minut lima tahun kedepan.

Calon Bupati Joune Ganda membeberkan sederetan program sektoral dibidang pertanian yang telah disiapkan dirinya bersama Kevin. Pertama kata JG, yakni bantuan bibit unggul kepada seluruh kelompok tani. Kemudian pihaknya akan memberikan subsidi pupuk untuk seluruh kelompok tani yang ada di Minahasa Utara. Selain itu kata dia, akan menyiapkan bantuan  alat-alat pertanian dan  perkebunan kepada seluruh kelompok tani.

Baca juga:  Joune Ganda Wakili Indonesia Bahas Iklim Global

“Kita canangkan inovasi pengolahan hasil produksi pertanian dan perkebunan untuk meningkatkan nilai  jual  terutama untuk pisang dan kelapa. Kita tak main-main kita akan bangun Badan Usaha Milik   Daerah (BUMD) PT. Minahasa  Utara  Hebat  (PT.MUH)  yang akan membantu pemasaran hasil-hasil pertanian dan perkebunan,”beber politisi berlatar belakang pengusaha itu belum lama ini.

Lanjutnya, peningkatan insentif untuk seluruh tenaga penyuluh pertanian dan perkebunan serta perbaikan dan peningkatan sistem irigasi daerah.

“Kita gagas Minut Organik: pengembangan kawasan  khusus  pertanian organik. Dan juga MinutOke:  pengembangan program jaminan  mutu hasil pertanian/perkebunan. Penetapan kawasan pertanian berkelanjutan. Semua itu kita lakukan untuk memajukan pertanian Minahasa Utara jika diberikan amanah oleh masyarakat,”tandas JG.(nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *