Hari Ini, Satu Lagi Tokoh Sulut di Anugerahi Gelar Pahlawan Nasional

JAKARTA, BAROMETERSULUT.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan enam tokoh yang akan dianugerahi gelar pahlawan nasional. Pengumuman dilaksanakan di Istana Negara, Senin (9/11/2020) siang ini.

Enam tokoh tersebut yakni Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara, Macmud Singgirei Rumagesan – Raja Sekar dari Provinsi Papua Barat, Jenderal Polisi (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo dari Provinsi DKI Jakarta, Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara, MR SM Amin Nasution dari Provinsi Sumatera Utara, dan Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen Bin Adi dari Provinsi Jambi.

Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan pengumuman penganugerahan dilakukan melalui perangkat komunikasi digital untuk tetap mengakomodasi keterlibatan masyarakat, namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga:  Kalahkan Mitra Kukar, Sulut United Amankan 3 Poin

“Apabila tidak ada perubahan, Presiden akan menganugerahi gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh. Nama-nama tentunya sudah melalui proses seleksi oleh Kementerian Sosial dan Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan,” kata Juliari, Jumat (6/11/2020).

Juliari menyebut Upacara Hari Pahlawan Nasional juga akan digelar di Istana Negara, 10 November 2020. berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, upacara akan digelar dengan mematuhi protokol kesehatan.

Pemakaman Ani Yudhoyono di TMP Kalibata, Dihadiri Para Tokoh Nasional

“Karena masih dalam masa pandemi, semua kegiatan akan mematuhi protokol kesehatan secara ketat akan tetapi maknanya tetap ada dan tidak mengurangi esensi peringatan Hari Pahlawan sendiri,” kata Juliari.

Dalam kesempatan sama, Ketua Panitia Hari Pahlawan 2020 Helmy Yahya mengatakan rangkaian acara Hari Pahlawan tahun ini diisi dengan berbagai lomba yang dapat diikuti oleh masyarakat.

Baca juga:  DANDIM 1309/Manado Pimpin Sertijab KORAMIL 1309-1/Tuminting

“Berbagai acara yang digelar ini dapat diikuti anak-anak muda karena memang ingin menanamkan untuk nilai-nilai pahlawan kepada generasi muda. Nanti juga di acara puncak di tanggal 10 November akan ada hiburan Semarak Hari Pahlawan yang akan didukung oleh berbagai artis yang menampilkan pertunjukan tradisional maupun modern,” kata Helmy.(*/abx)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *