Bupati Joune Ganda Imbau Masyarakat Minut Tidak Mudah Terprovokasi Isu Menyesatkan, Pasca Insiden Bentrok di Kota Bitung

Minut, BAROMETERSULUT.com- Pasca bentrokan 2 kelompok di Kota Bitung yang terjadi pada hari Sabtu, 25 November 2023 pukul 16.30 Wita, Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda, SE, MAP, MM, MSi turut menyatakan empati mendalam atas peristiwa yang menelan korban jiwa dan luka tersebut.

‘ Atas nama pribadi dan pemerintah dan masyarakat kabupaten Minahasa Utara menyampaikan duka dan empati mendalam atas tragedi tersebut” ujar Bupati Joune Ganda kepada media ini.

Selain menyampaikan ucapan duka dan turut menyesalkan terjadinya peristiwa berdarah antar dua kelompok itu, Bupati Joune Ganda mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Minahasa Utara khususnya untuk agar bersama-sama ikut berpartisipasi menjaga keamanan.

Baca juga:  Pimpin Rakor PDI-P di Bolmong Raya, Olly Ingatkan Soliditas

Bupati Joune Ganda menambahkan, Terkait isu-isu yang bertebaran di media sosial, Dia minta agar tidak mudah terprovokasi.Dia meminta tokoh Agama dan tokoh masyarakat membantu pemerintah dan aparat dalam menangkal dan memberikan edukasi kepada jemaat dan masyarakat dalam mencerna setiap informasi bernuansa SARA, intimidasi dan kekerasan secara umum.

“Saya minta kita Jangan mudah percaya dengan isu atau informasi yang sumbernya tidak bisa dipercaya, bahkan mungkin sumber-sumber yang berasal dari akun-akun yang anonim, akun-akun yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Kepada seluruh masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh, tidak terprovokasi dengan akun-akun atau isu-isu yang berkembang itu kalau ada informasi sekecil apapun yang khususnya yang berkaitan dengan situasi dan kondisi yang berkembang di wilayah Kota Bitung” imbau Joune Ganda.

Baca juga:  ODSK: Sulut Siap Selenggarakan W20

Untuk kata Joune Ganda, dia mengajak seluruh tokoh masyarakat dan tokoh agama serta lapisan masyarakat untuk memberikan kepercayaan kepada aparat Kepolisian dan TNI untuk menyelesaikan persoalan ini secara profesional sesuai hukum yang berlaku.

” Saya mengajak tokoh agama dan masyarakat Minahasa Utara turut mendokan agar kondisi tentram dan damai yang kini telah pulih seperti sediakalah tetap terjaga, dan terus memupuk dan menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai bagian dari masyarakat yang cinta damai, yang mengasihi sesama manusia sebagai ciptaan Tuhan. Tuhan senantiasa memberkati kita semua”tandas Bupati Joune Ganda.(nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *