Masuk 8 Lokasi Dari 232 Yang Terdaftar, Kementerian ATR/BPN Kunjungi Minut

Minut, Barometersulut.com Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional  (ATR/BPN) Direktorat Jenderal Tata Ruang melaksanakan Konsultasi Publik I Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Kawasan Pariwisata Likupang Timur di Kabupaten Minahasa Utara, Jumat (12/5/2023) di Hotel Sentra Minahasa Utara.

Kepada awak media, Budi Santosa Kabsubdit Perencanaan Detail Tata Ruang Kawasan Sosial Budaya dari Kementerian ATR/BPN mengatakan jika, Minahasa Utara masuk 8 lokasi dari 232 yang terdaftar sebelumnya.
“Minahasa Utara satu-satunya di Sulawesi Utara yang masuk Bantek Binda II tahun 2023, dari 232,” ungkapnya.

Dikatakan Budi, masuknya Minut sebagai 8 daerah yang Bantek Binda II karena Pemerintahnya aktif.

“Terpilihnya Minut karena Likupang merupakan salah satu DPSP sehingga kami melihat urgensi, sekaligus dengan keaktifan pemerintah Kabupaten Minut sangat baik,” ungkapnya.

Disampaikannya, timnya akan memberikan materi  teknis kepada pemerintah daerah.
“Kami akan memberikan materi teknisnya, sehingga pemerintah Kabupaten dapat menetapkan peraturan daerahnya,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda mengatakan, dilaksanakan di tempat ini, dalam rangka menyusun rencana detail tata ruang dan Strategi-strategi khususnya di kawasan likupang Timur kabupaten Minahasa Utara yang merupakan hal yang sangat urgent dan sangat strategis untuk dilaksanakan mengingat, kawasan tersebut merupakan kawasan strategis pariwisata nasional yang memiliki kawasan ekonomi khusus.

Baca juga:  Ciptakan Tata Kelola Keuangan Yang Bersih, Bupati Minut Siapkan Reward dan Punishment

“Kita harapkan bahwa kegiatan ini akan mampu meningkatkan, mempercepat bahkan kita mendapatkan informasi data yang detail termasuk masukan-masukan sekunder yang terkait. Agar dalam penyusunan rencana detail tata ruang dan lingkungan hidup strategis ini yang berada di kawasan pariwisata yang ada di kecamatan likupang Timur ini bisa segera selesai berjalan dengan baik dan tidak  ada hal lain yang terlewatkan,” kat Bupati Joune.

Makanya lanjut Bupati, hal ini kita laksanakan konsultasi publik, agar kita bisa menerima setiap masukan yang ada. Saya mendapatkan informasi juga bahwa konsultasi ini juga akan dibuka secara online, artinya bawah setiap masukan bukan hanya pada saat hari ini saja, tetapi juga bisa dibuka sampai beberapa waktu kedepan secara online.

“Didalam penyusunan rencana detail tata ruang dan kajian lingkungan hidup strategis ini, bisa dilakukan secara online dan masih bisa dilakukan konsultasi publik, dengan harapan akan dibuka tahapan-tahapan yang sudah kita lakukan, yang sudah direncanakan untuk masuk pada tahapan tahapan proses selanjutnya, sebagaimana yang kita harapkan akan muncul Perbub yang ditetapkan sesuai dengan aturan dimana tahapan ini juga akan melalui proses sampai ke tingkat provinsi dan sinkronisasi,” terang Bupati.

Baca juga:  Kuli Tinta Senior Minut, Masuk Daftar 10 Besar Calon Anggota KPU Minut

Lebih lanjut, kali ini juga hadir ketua DPRD, kita harapkan juga ini akan mendapatkan dukungan dari teman-teman agar proses ini juga akan bisa berjalan lancar dan yang sudah kita rencanakan sesuai jadwal  bisa juga terakomodir dengan baik.

“Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan agar kita memanfaatkan konsultasi publik ini sebaik-baiknya, mungkin ada pandangan atau pendapat tentang wilayah, tentang kondisi di lapangan yang ingin disampaikan  pada kesempatan yang berbahagia ini,” pungkasnya.

Diketahui, Minahasa Utara menjadi satu-satunya di Sulawesi Utara yang masuk Lokasi Bantuan teknis (Bantek) Direktorat Pembinaan Perencanaan Tata Ruang Daerah wilayah II atau disingkat Binda II tahun anggaran 2023.(Chris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *