Peduli Bencana Banjir Bandang di Desa Klabat, Bupati JG Minta Warga Tetap Waspada

Minut,Barometersulut.com Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minut, bersama warga, aparat TNI dan Polri, gerak cepat membersihkan puing-puing banjir yang menutup akses jalan Desa Klabat menuju Kota Bitung.

Hal tersebut dikatakan Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, Sabtu (18/3/2023) saat turun langsung ke lokasi bencana banjir bandang yang melanda Desa Klabat Kecamatan Dimembe.

Orang nomor satu Minut ini tiba satu jam setelah kejadian kerusakan yang terjadi di Desa Klabat, dengan membawa makanan siap saji, bahan pangan, dan kebutuhan medis bagi para korban, serta peralatan untuk membersihkan material banjir.

“Kami telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk membuka akses jalan karena jalan ini merupakan jalan provinsi yang mengakses Kabupaten Minut dan Kota Bitung,” kata Bupati Joune.

Baca juga:  JG-KWL Hadiri Paripurna Tahap II LKPJ Tahun 2020

Bupati berpesan kepada masyarakat setempat untuk tetap waspada, seraya berdoa dan juga berusaha untuk bisa terhindar dari bencana.

Sementara itu, Kepala BPBD Minut Theodore Lumingkewas menjelaskan, terdapat sekitar 5 rumah warga yang tergenang lumpur dan puing-puing banjir sehingga mengalami kerusakan sedang dan 4 rumah warga mengalami rusak ringan.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Dan seluruh masyarakat terdampak sudah dievakuasi ke rumah kerabat yang lain,” kata Lumingkewas.

Sebelumnya diberitakan, Sabtu (18/3/2023) pagi, hujan deras mengguyur Desa Klabat, sehingga menyebabkan banjir bandang.
Diketahui, air membawa berbagai material seperti Bayu, lumpur, dan kayu-kayu sehingga merusak rumah warga serta fasilitas jalan.Sedikitnya, ada 24 jiwa dari 9 keluarga yang terdampak musibah ini.(nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *