RSUP Prof.R.D Kandou Manado Gandeng Tim KATAMAKU Gelar Baksos Kesehatan di Likupang

Manado,BAROMETERSULUT.com- Manajemen Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Dr R D Kandou Manado menggelar kegiatan Bakti Sosial yang dirangkaikan dengan Program Sehat untuk penderita Lepra, di Puskesmas Likupang Timur, Minahasa Utara, Jumat (19/8/2022).

Adapun kegiatan program Sehat ini merupakan kerja sama Tim KATAMATAKU (Identifikasi Tanda-tanda Kelainan Mata, Kulit dan Extremitas pada Kusta) Fakultas Kedokteran (Faked) Universitas Indonesia, RSCM, dan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), serta Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara.

Direktur Utama RSUP Prof Kandou Manado, Dr dr Jimmy Panelewen, SoB-KBD, diwakili oleh Direktur Medik Keperawatan dan Penunjang, dr Jeheskiel Panjaitan, SH, MARS, menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan melalui program transformasi kesehatan saat ini tetap menekankan pada pelayanan rujukan.

Ditambahkannya, pergeseran pola penyakit sudah terlihat dari penyakit menular ke tidak menular sehingga RSUP Kandou Manado, selalu membuka diri untuk rujukan terkait penyakit ini.

“Diketahui Rumah Sakit Umum Pusat, jadi RSUP Kandou Manado selalu membuka diri termasuk kerjasama ini.”ujar Jeheskiel Panjaitan sambil menambahkan pihaknya mengapresiasi Tim KATAMATAKU Universitas Indonesia atas kepedulian terhadap penyakit lewat kegiatan ini.

Sementara Ketua KATAMATAKU, Dr dr Yunia Irawati, Sp M (K), Fakuktas Kedokteran Universitas Indonesia menjelaskan, tujuan kedatangan Tim KATAMATAKU di Sulawesi Utara karena adanya laporan masih ada kasus-kasus baru terkait penyakit kusta ini.

Yunia Irawati menambahkan bahwa Penyakit Kusta ini adalah penyakit yang endemis di beberapa daerah, terutama di daerah timur pasiennya masih banyak.

“Berdasarkan data dan laporan masih ada kasus baru sehingga menjadi keprihatinan kita untuk lebih giat lagi menyelenggarakan kegiatan untuk deteksi penyakit kusta,” ujar Yunia Irawati.

Dijelaskannya, Penyakit Kusta bukan hanya penyakit kulit saja, tapi bisa terjadi melibatkan seluruh organ sehingga bisa terjadi kecacatan.

“Makanya kami datang di sini ada dokter Mata, THT, dan rehab medis karena Kusta bisa menyebabkan kelainan di kelopak mata,” katanya sambil menyampaikan terima kasih untuk sambutan dan dukungan penuh Direktur RSUP Kandou Manado dan semua Pihak terkait yang telah siap bekerja sama dengan kami,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Bupati Minut, yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Minahasa Utara, dr Stela Safitri, Tim Pelayanan Baksos, Nakes Katamataku UI, RSUPN dr Cipto Mangunkusumo, dan Unsrat Manado, serta Nakes RSUP Kandou Manado.(**/Gerald)

About Redaksi Barometer Sulut

Check Also

RSUP Prof Kandou Manado di Ganjar Penghargaan Kasad, Atas Keberhasilan Operasi Pemisahan Kembar Siam “Joanna dan Jovelyn”

Manado,BAROMETERSULUT.com-Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan penghargaan khusus kepada manajemen RSUP …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Alamat Redaksi;
Jln Gandaria XI Nomor 29 Griya Paniki Indah, Mapanget Kota Manado-Sulut 
email: gerbangmediaindo@gmail.com