Sukses Gelar MTQ ke- 29, Kontingen Kota Bitung Raih Juara Umum

Bitung, BAROMETERSULUT.COM-Khafilah Kota Bitung pada MTQ Ke-XXIX (29) tingkat Provinsi Sulut menjadi juara umum, yang disusul dengan khafilah Kota Manado yang hanya selisih point yang begitu tipis.

Sebelumnya, pada Senin (13/06/2022), Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM dan Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar, SE, yang di saksikan oleh unsur Forkompinda kota Bitung, serta Tokoh Agama kota Bitung, melepas pelaksanaan pawai Ta’aruf, di Lapangan Sari Cakalang yang finis di lapangan Dua Sudara Manembo-nembo.

Sore harinya, pagelaran Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke- 29 Tingkat Provinsi Sulut secara resmi di buka oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, yang di saksikan Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi, yang bertempat di Stadion dua saudara Manembo nembo.

Pada pembukaan, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri mendapat Penganugrahan sebagai Bapak Moderasi Beragama Kota Bitung yang berikan oleh Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi,

Di kesempatan itu juga Walikota Maurits di dampingi Wakil Walikota Hengky Honandar  menyerahkan jaminan keselamatan BPJS Ketengakerjaan kepada Ketua Panitia MTQ ke 29 Meryanti Dumbela yang nantinya sewaktu waktu dapat di manfaatkan peserta selama kegiatan MTQ berjalan.

Pada acara penutupan, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dalam sambutannya yang di bacakan oleh Sekertaris Daerah Propinsi Sulut, DR. Praseno Hadi, MM,. AK memberikan apresiasi kepada para Khafilah yang dalam seminggu mengikuti kompetisi dengan baik dan bisa bertahan dan sehat, serta sukses dalam berkompetisi di kegiatan MTQ.

Sekprov mengapresiasi para panitia penyelenggara karena hasilnya dapat di lihat sekarang Bitung keluar menjadi juara umum.

“Pada intinya Gubernur dan Wakil Gubernur memberikan apresiasi kepada seluruh pihak-pihak terkait baik dari pihak LPTQ, Kantor Agama, para Khafilah, panitia dengan terselenggaranya acara ini, mudah-mudahan tujuan pelaksanaan MTQ ini bisa tercapai secara optimal” kata Sekprov Hadi.

Dikatakannya, para Khafilah yang tergabung betul-betul sudah bisa menjadi pelopor, menjadi agen perubahan seluruh generasi muda untuk sama-sama mempelajari Alquran, dan memahami serta mengamalkan nya.

Dalam penutupan MTQ, Walikota Bitung, yang di wakili oleh Penjabat Sekda Kota Bitung, Ir. Ignasius Rudy Theno, ST,. MT, menyampaikan permohonan maaf dari Walikota Bitung dan Wakil Walikota Bitung yang tidak bisa menghadiri kegiatan penutupan MTQ yang di karenakan sedang melaksanakan tugas di luar daerah.

Untuk itu, kami selaku Pemerintah Kota Bitung merasa ada rasa syukur, kebahagian, kebanggaan tersendiri, karena menjadi tuan rumah dalam kegiatan MTQ,

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kami berikan juga buat panitia atas kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan MTQ ini yang di mulai sejak tanggal 13-19 Juni 2022, yang merupakan salah satu upaya memacu pengembangan tilawah kemampuan anak didik hafalan dalam Alquran.” ungkap Rudy saat yang membacakan sambutan tertulis Wali Kota.

.
Lanjutnya, “Pesan kami kepada seluruh peserta agar terus tetap meneruskan minat dan bakatnya dalam menggali ilmu Al-Qur’an, semoga capaian ini menjadi pintu Rahmat dan nikmat yang akan meninggikan derajat saudara sebagai insan yang beriman, beramal dan berilmu,” katanya.

Kami juga menyampaikan selamat kepada para Qori dan Qoriah yang mendapatkan peringkat di bidangnya masing-masing tingkatan prestasi saudara kerahkan segala usaha terbaik karena di depan kita masih menghadapi perhelatan MTQ tingkat Nasional.

Lebih lanjut, Rudy Theno mengatakan Mengusung tema dengan MTQ kita wujudkan SDM yang qurani, unggul dan profesional menuju provinsi Sulut maju dan sejahtera. Di  harapkan, dapat melahirkan generasi-generasi terbaik dan cinta Alquran yang menjadi pedoman dan tuntutan umat muslim di seluruh dunia dan memperhatikan implementasi dan pengembangan Alquran dan hadis dalam kehidupan sehari-hari.

“Atas nama pemerintah kota Bitung secara khusus kami mengucapkan terima kasih kepada Wakil Menteri Agama RI yang sudah hadir sekaligus memberikan sambutan pada acara pembukaan, Gubernur Sulut, unsur Forkopimda Sulut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulut, kepala LPTQ Sulut, kepada para Bupati, Wakil Bupati dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota se-provinsi Sulut, serta seluruh peserta yang hadir,” jelas Theno

Sekda Rudy Theno Menyerahkan Tropy  Bergilir

 

Di akhir Penutupan MTQ Ke-XXIX Tingkat Provinsi Sulut ini di tandai dengan pemberian penghargaan kepada Wali Kota Bitung dan wakil Walikota Bitung Hengky Honandar dan kepada sekertaris daerah kota Bitung dan penyerahan trophy bergilir kepada Ketua kontingen kafilah MTQ kota Bitung dan di lanjutkan dengan penyerahan piala kepada para juara.

(ADVETORIAL)

About Redaksi Barometer Sulut

Check Also

Lagi, Wali Kota Bitung “Ngantor” Jalan Kaki

Bitung,BAROMETERSULUT.com-Sejak di gaungkan sejak tahun 2022 silam, Wali Kota Bitung Ir.Maurits Mantiri,MM konsisten melaksanakan ” …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Alamat Redaksi;
Jln Gandaria XI Nomor 29 Griya Paniki Indah, Mapanget Kota Manado-Sulut 
email: gerbangmediaindo@gmail.com