Tamuntuan Buka Rakor Pembangunan dan EPRA se-Provinsi Sulut

Tahuna, BAROMETERSULUT.com- Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan membuka dan menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pembangunan dan EPRA (Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran) Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (14/06/2022) di Dialoog Hotel Tahuna.

Pj Bupati ketika membacakan Sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Biro Pembangunan Setda Provinsi Sulut atas pelaksanaan kegiatan ini, serta apresiasi kepada Sekda dan Asisten seluruh Kabupaten/Kota yang tetap komitmen menghadiri Rakor ini.

Bacaan Lainnya

“Realisasi anggaran merupakan salah satu indikator penting suksesnya penyelenggaraan pembangunan yang sedang dan sementara diupayakan. Sehingga kita dapat dituntut untuk dapat menunjukkan kinerja yang optimal, baik pelaksanaannya dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan pengawasan hingga evaluasi,” kata Tamuntuan.

Baca juga:  Tamuntuan Keliling Kementerian RI Perjuangkan Masyarakat Sangihe

Dia menjelaskan, Rakor Pembangunan dan EPRA ini ditujukan untuk mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan isu-isu strategis terkait pembangunan, serta hambatan, tantangan terkait percepatan penyerapan anggaran di lingkungan pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut.

“Dengan harapan kedepannya akan mampu menopang gerak langkah pembangunan, dan mampu menyelesaikan kendala atau hambatan dalam penyerapan realisasi anggaran, yang ada di Kabupaten/Kota yang menjadi kewenangan pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi. Disisi lain semakin mempererat hubungan kemitraan antara pejabat Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut,” ungkap Tamuntuan.

Dalam kaitan dengan hal tersebut dijelaskannya lagi, dapat disampaikan kegiatan yang sementara dimonitor secara berkala, antara lain pekerjaan infrastruktur di 15 Kabupaten/Kota, kemudian proyek strategis Nasional yang akan dibangun untuk dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah kedepan. Yakni pembangunan jembatan Bitung-Lembeh, pembangunan kawasan industri Mongondow (Kimow), pembangunan kawasan Pulau Lembeh, dan pembangunan jalan tol Manado-Amurang.

Baca juga:  Pemkab Belum Berlakukan Harga Minyak Goreng Satu Harga di Sangihe

“Kegiatan strategis ini diharapkan mampu diikuti dengan baik, dan dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh Tim EPRA Kabupaten/Kota output dan outcome. Sebagaimana yang menjadi tujuan pelaksanaannya, serta untuk peningkatan kinerja harian sesi anggaran kedepan.

Diharapkan kegiatan ini dapat menghasilkan terobosan-terobosan kreatif dan inovatif, sekaligus dapat menghasilkan gagasan yang dapat menjadi solusi, dalam menghadapi berbagai kendala yang menghambat dalam percepatan realisasi penyerapan anggaran,” jelasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Seluruh Sekda dan Asisten Setda Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut. (Christ)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *