HUT TNI ke-77, Begini Peringatan di Lanal Tahuna

Tahuna, BAROMETERSULUT.com-Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77, perayaan HUT TNI ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Di Kabupaten Kepulauan Sangihe sendiri, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna, perayaannya dilaksanakan di Mako Lanal Tahuna bersama jajaran Kodim 1301/Sangihe, Polres Sangihe hingga Satpol-PP.

Ditempat berbeda peringatan HUT TNI Ini dilaksanakan “Water Trappen” atau mengapung di air selama beberapa waktu atau, sambil membentuk angka 77 sebagai bukti 77 tahun pengabdian Institusi militer kebanggan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Giat ini dilaksanakan serentak di 77 titik seluruh wilayah Indonesia yang diselenggarakan di Pelabuhan Tua (PelTu) Tahuna, dengan menggandeng beberapa instansi seperti Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Tahuna, Stasiun PSDKP Tahuna, Pos SAR Tahuna dan instansi lainnya secara bersama melaksanakan Water Trappen di lepas pantai sekitaran kompleks PelTu.

Komandan Lanal (Danlanal) Tahuna, Kolonel Laut (P) Mohamad Bayu Pranoto, SH., MTr Hanla MM CTMP bertindak sebagai pimpinan upacara.
Dalam sambutannya Danlanal Pranoto berharap TNI semakin solid bersinergi dengan masyarakat dan seluruh komponen negara.
TNI diharapkan mampu bekerjasama membangun negeri dan menyukseskan program pemerintah yang tengah berjalan seperti sekarang.

“Ada makna tersendiri dalam perayaan uang tahun ke- 77 kali ini, dan tercantum dalam motto ‘TNI Adalah Kita’ dan tentu saja saya selalu mengucap syukur karena sampai saat ini TNI masih diberikan kepercayaan oleh seluruh komponen masyarakat lewat sejumlah lembaga survey,” kata Pranoto.

Dia menjelaskan, terkait dengan keamanan perbatasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari TNI AL khususnya, diharapkan semakin meningkatkan kualitas dari apa yang sudah kami laksanakan.

“Termasuk juga meningkatkan profesionalisme dan kerjasama dengan negara-negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia khususnya di wilayah laut,” jelasnya.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 1301/Sangihe, etkol Arm Lukas Meinardo Sormin, S.I.P,. M.I.Pol saat ditemui sejumlah wartawan usai Upacara mengungkapkan harapannya di momen HUT kali ini, kepada seluruh anggota TNI untuk selalu menjadi bagian dari keluarga besar Kabupaten Kepulauan Sangihe, bagian dari rakyat Kabupaten Sangihe, tidak boleh lari dari identitas kita sebagai bagian dari masyarakat.

“HUT ke- 77 tahun ini, TNI khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe akan menyebarkan semangat kepada masyarakat bahwa ‘TNI adalah Kita’ artinya TNI merupakan bagian dari rakyat, karena kita berasal dari rakyat dan untuk rakyat,” bebernya. (Christ)

About Redaksi Barometer Sulut

Check Also

Tamuntuan: Pimpinan OPD Tak Keluar Daerah Selama Pemeriksaan BPK

Tahuna, BAROMETERSULUT.com- Pj Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan meminta kepada semua Pimpinan Organisasi Perangkat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Alamat Redaksi;
Jln Gandaria XI Nomor 29 Griya Paniki Indah, Mapanget Kota Manado-Sulut 
email: gerbangmediaindo@gmail.com