MINUT Raih WTP Atas LKPD 2021, Bupati Joune Ganda Ingatkan OPD Kelolah Keuangan Secara Baik dan Bertanggung Jawab

Minut,BAROMETERSULUT.com-Komitmen dan semangat yang di wujudkan dalam kerja keras Bupati Minut Joune Ganda dan Wawali Kevin William Lotulung membenahi keuangan Kabupaten Minahasa Utara akhirnya membuahkan hasil yang membanggakan. Hal itu terbukti dimana BPK mengganjar Minut dengan opini WTP atas Laporan Pengelolaan Keuangan Daerah(LKPD) tahun 2021, Jumat (13/5/2022).

Ketua BPK RI Perwakilan Sulut saat memberikan sambutan sebelum penyerahan Predikat WTP kepada Pemkab Minut.(Foto: Humas)

Sebelumnya, Minut meraih opini Tidak Wajar atas pengelolaan keuangan tahun anggaran 2020 atau di masa pemimpin sebelumnya.

Adapun Predikat WTP tersebut diserahkan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulut diterima Bupati dan Wakil Bupati bersama Ketua DPRD Denny Lolong di kantor BPK RI di Kota Manado, Jumat (13/5/2022).

Dengan penghargaan WTP tersebut, menjadi satu bukti konkrit kalau JGKWL mampu membawa Kabupaten Minahasa Utara meraih opini WTP perdana sejak 1 tahun kepemimpinan.

“Puji Tuhan, dari hasil audit Tim BPK RI, laporan keuangan Pemkab Minahasa Utara tahun 2021 meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Opini WTP ini merupakan suatu kewajiban bagi pemerintah daerah dan JGKWL sudah menjawab kewajiban dengan meraih opini WTP,” terang Joune Ganda usai menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI Perwakilan Sulut, Jumat (13/5/2022) di kantor BPK di Kota Manado.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat memberikan sambutan (Foto: Humas)

Joune Ganda menjelaskan,  WTP atas laporan keuangan Pemkab Minahasa Utara tahun 2021 ini merupakan yang pertama kalinya sejak memimpin Minut 26 February 2021 dan ini dipersembahkan bagi rakyat Minahasa Utara. Pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberi opini tentang kewajiban penyajian laporan keuangan. Opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan.

“Setelah menerima predikat ini, maka yang menjadi tantangan adalah upaya dan  kewajiban untuk mempertahankan opini WTP untuk tahun-tahun selanjutnya.” tandas Wakil ketua bidang ekonomi DPD PDI Perjuangan Sulut itu sambil mewarning agar upaya mempertahankan performa keuangan ini adalah kewajiban dan membutuhkan kerjasama seluruh OPD  tuntuk menerapkan tata kelolah keuangan yang baik, benar dan bertanggung jawab.

Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, Ketua DPRD Kab.Minut, Sekda dan sejumlah pejabat foto bersama usai penerimaan WTP.(Foto: Humas)

Adapun pejabat yang turut hadir menerima langsung bupati didampingi Ketua DPRD Denny Lolong, dan ikut hadir Penjabat Sekretaris Daerah Rivino Dondokambey, Inspektur Umbase Mayuntu MSi, Kepala Badan Keuangan Carla Sigarlaki, dan serta sejumlah pejabat Pemkab Minut terkait lainnya.(Nando)

About Redaksi Barometer Sulut

Check Also

Tim Resmob Polsek Aertembaga Amankan 2 Terduga Pelaku Pencurian di Winenet Dua

Bitung,BAROMETERSULUT.com- Tim Resmob Polsek Aertembaga mengamankan terduga pelaku pencurian yang terjadi di Kelurahan Winenet Dua, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Alamat Redaksi;
Jln Gandaria XI Nomor 29 Griya Paniki Indah, Mapanget Kota Manado-Sulut 
email: gerbangmediaindo@gmail.com