Webinar Nasional Filosofi Rumah Panggung Woloan

Tomohon, BAROMETERSULUT – Rumah Panggung Woloan (RPW) merupakan hunian tradisional yang diwariskan turun-temurun dalam kelompok masyarakat setempat. Dalam perkembangannya, Rumah Panggung Woloan menjadi fenomenal karena menjadi sebuah industri bernilai ekonomi sangat tinggi, ketika pasar terbuka untuk tingkat nasional bahkan internasional.

Pusat industri RPW berada di Kelurahan Woloan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Woloan yang dulu merupakan salah satu Desa penghasil Guru di Minahasa ini terletak bagian barat Kota Tomohon dan berada di ketinggian kira-kira 1000 meter dari permukaan laut (DPL) ini, dianggap sebagai salah satu kawasan industri rumah kayu terbesar di Indonesia yang hingga saat ini masih eksis.

Tidak sedikit para wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara yang berkunjung ke daerah sejuk ini hanya untuk menjawab kaingin-tahuan mereka soal rumah panggung yang telah mendunia ini, mulai dari aspek pembutannya hingga pemasarannya.

Sejumlah pertanyaan lantas muncul terkait filosofi dan relevansinya, serta nilai ekonomis Rumah Panggung ini. Untuk mengetahui lebih detail menyangkut rumah panggung ini, kita akan mendengar paparan kunci (keynote speech) dari Walikota Tomohon, Carol JA Senduk, SH., dan Prof. Dr. Ir Agustinus Purna Irawan, selaku Ketua Umum IKDKI Rektor Universitas Tarumanagara dalam Webinar Nasional Filosofi Rumah Panggung Woloan dan Relevansinya untuk Konteks Masa Kini.

Webinar yang akan berlangsung pada Kamis, 28 Oktober 2021, Pukul 18.00 WIB (19.00 WITA) ini akan menghadirkan sejumlah narasumber yang merupakan pakar di bidangnya, masing-masing Dr Krismanto Kusbiantoro, ST., MT., Wakil Rektor Bidang Kamahasiswaan, Inovasi dan Kemitraan Universitas Kristen Maranatha Bandung, DR Ricardo Renwarin, Dosen dan Peneliti Budaya Minahasa, dan Anton J. Supit, selaku Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).

Menurut Franky Boseke yang akan menjadi Moderator dalam Webinar ini mengatakan,Webinar Nasional ini di dukung penuh oleh Ikatan Dosen Katolik Indonesia (IKDI) Kawanua Katolik (KawKat) dan Pemerintah Kota Tomohon. Adapun menurut Frangky Webinar ini bisa di ikuti oleh semua kalangan dan terbuka untuk umum serta tidak dikenakan biaya. peserta juga akan mendapat E-Sertifikat. Untuk yang berminat mengikuti acara ini bisa langsung mendaftar pada Link Pendaftaran: https://bit.ly/IKDKI-Kawkat atau menghubungi CP: Michelle 08164806870 dan Runi 081381051213.(rendy)

About Redaksi Barometer Sulut

Check Also

SPKLU Diresmikan, Ini Harapan Wali Kota Manado

Manado, BAROMETERSULUT – Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Regional SULMAPANA di Kawasan Megamas Manado, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *