Pjs Bupati Boltim Imbau Tokoh Agama Dukung Sukseskan Pilkada Serentak 9 Desember 2020

BOLTIM, BAROMETERSULUT.com – Penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) untuk rumah ibadah masjid dan gereja di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dilangsungkan di aula lantai 3 kantor bupati, Jumat (13/11/2020).

Penjabatan Sementara (Pjs) Boltim, Christiano E. Talumepa, turut hadir dalam penandatanganan NPHD tersebut. 

Penandatanganan dilakukan antara Kabid Aset BKD provinsi mewakili Pemerintah Provinsi dengan Imam dan Pendeta penerima bantuan untuk rumah masing masing berjumlah 20 juta rupiah tiap rumah ibadah.

Melky Matindas selaku Kabid Aset BKD Provinsi mengatakan, bahwa pada tahun 2020 Pemprov Sulut telah menganggarkan batuan untuk 22 rumah ibadah masjid dan gereja.

“Yang telah disalurkan adalah bantuan untuk 5 rumah ibadah, dan untuk sisa 17 rumah ibadah yang dilaksanakan pada hari ini proses administrasi dan penanda tangan NPHD,” ujarnya. 

Sementara itu Pjs Bupati Boltim Christiano E. Talumepa menyampaikan bahwa program ini patut diberikan apresiasi. Terutama kepada tim dari pemerintah provinsi Sulawesi Utara.

Sebab, kata dia, hal ini merupakan bagian dari perhatian dari Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw kepada masyarakat Boltim, sebelum mereka cuti untuk mengikuti Pilkada.

“Bantuan ini tentu didasari dengan proposal dari pengurus mesjid atau gereja kepada Gubernur Sulawesi Utara,” terang Talumepa.

“Dana ini bisa digunakan sesuai kebutuhan, dan kedepan akan ada lagi dari pemerintah provinsi,” terang Talumepa.

Selanjutnya, kata dia, salah satu tugas pemerintah daerah adalah mensukseskan Pilkada 9 Desember nanti.

Oleh karena itu, ia berpesan kepada seluruh tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di Boltim agar bisa menyampaikan kepada umat untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik, pada 9 Desember 2020 nanti.

“Jaga keamanan agar jamaah tetap dalam suasana yang kondusif. Jangan hanya karena pilkada hubungan kekeluargaan dan pertemanan jadi renggang,” kata Talumepa.

Ia berpesan agar para tokoh agama bisa memberikan pemahaman kepada jemaah muslim atau kristen untuk berpartisipasi mensukseskan Pilkada aman dan damai.

“Karena bapak ibu adalah teladan untuk umat,” terangnya.

Talumepa mengatakan, agar masyarakat memilih pemimpin yang mampu membangun daerah , mensejahterakan rakyat dan mempunyai akses untuk mendatangkan uang dari pusat ke daerah. Bukan pemimpin yang hanya memberikan janji-janji.

“Mudah mudahan bantuan dari pemerintah Provinsi ini akan bermanfaat untuk masyarakat dan harapan kami pemerintah kabupaten Boltim agar kedepan akan ada lagi bantuan dari pemerintah Provinsi untuk masyarakat di kabupaten Boltim”pungkasnya. 

Hadir pada acara penandatanganan NPHD ini yakni asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Priyamos, Kaban Keuangn Wiwiek Buhari, Kabag Kesra serta dari unsur Pemerintah Provinsi serta tokoh agama muslim dan kristen.

“Saya di sini juga berbicara dua fungsi, satu mewakili pemerintah provinsi karena saya adalah pejabat di provinsi yang ditugaskan di sini sebagai Pjs Bupati, jadi badan saya setengah di Provinsi dan stengah di Boltim, tetapi hakekatnya satu hanya untuk masyarakat Boltim,” tuturnya lagi.

Selaku Pjs Bupati Talumepa mengatakan, ia memimpin pelaksanaan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Kata dia, bila bicara pemerintahan maka di dalamnya ada keagamaan. Ia melihat banyak rumah ibadah dalam proses pembangunan atau renovasi dan ini merupakan starting point, awal dari pemerintah provinsi memberikan bantuan untuk rumah ibadah.(*/yayi)

About Redaksi Barometer Sulut

Check Also

Tim Resmob Polsek Aertembaga Amankan 2 Terduga Pelaku Pencurian di Winenet Dua

Bitung,BAROMETERSULUT.com- Tim Resmob Polsek Aertembaga mengamankan terduga pelaku pencurian yang terjadi di Kelurahan Winenet Dua, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Alamat Redaksi;
Jln Gandaria XI Nomor 29 Griya Paniki Indah, Mapanget Kota Manado-Sulut 
email: gerbangmediaindo@gmail.com