Bantu Pemda Atasi Bencana Wilayah Bitung- Minut,PT MSM/TTN Turunkan Alat Berat dan Buka Dapur Umum

Minut,BAROMETERSULUT.com- Sejumlah wilayah di Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung dilanda Bencana Banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang yang terjadi, Minggu (7/4).

Kondisi ini mengundang perhatian serius pemerintah didua wilayah termasuk pihak swasta, diantaranya pihak PT Meares Soputan Mining (MSM) dan PT Tambang Tondano Nusajaya (TTN) yang melakukan aktivitas eksplorasi perusahaan pertambangan di dua wilayah tersebut.

Pasca kejadian bencana yang diluar dugaan dan fenomena alam itu, sejumlah komponen masyarakat berspekulasi terkait penyebab dari bencana itu, antara lain menyebutkan bencana itu terjadi karena aktivitas pertambangan saat ini.

Atas tudingan tersebut, akhirnya
Direktur Utama (Dirut) PT MSM/TTN David Sompie angkat bicara sebagai bentuk konfirmasi sesuai dengan fakta dilapangan.

Menurut David Sompie, bahwa salah satu dan penyebab utama banjir dan tanah longsor di daerah Minut dan Bitung itu diantaranya karena intensitas curah hujan ekstrim.

Baca juga:  Saiful Pastikan Tuntas Sesuai Waktu dan Bestek

” Sesuai fakta yang ada dilapangan,selain menimbulkan banjir dan longsor di beberapa lokasi, bencana ini juga berakibat rusaknya sejumlah fasilitas-fasilitas tambang yang ada di area operasional pertambangan PT MSM/PT TTN.” ujar Sompie.

Sompie menjelaskan, akibat curah hujan yang sangat tinggi dua hari terakhir ini, banyak wilayah di Bitung dan Minut yang diterjang banjir dan longsor menyebabkan kerusakan yang parah, sekalipun dilokasi itu tidak ada aktivitas pertambangan bahkan jauh dari area operasional PT MSM/PT TTN.

Dia menambahkan, Sekalipun perusahaan juga mengalami kerusakan pada sejumlah area tambang, akan tetapi pihaknya akan berupaya maksimal mendukung dan berkolaborasi dengan pemerintah mengatasi bencana banjir dan longsor ini.

” Yang pasti Tim penanggulan bencana perusahaan sudah mulai bekerja membantu area-area terdampak, termasuk Tim Peduli Bencana PT MSM/PTTTN, sejak pagi sudah membuka dapur umum dan membagikan makanan kepada warga “tandas Dirut PT MSM/PTTTN itu sambil menyampaikan keprihatinan dan empati yang dalam bagi masyarakat di dua wilayah yang terdampak bencana itu.

Baca juga:  Perayaan HPS ke-41, Bupati Joune Apresiasi Peran KTNA Pada Produksi Pertanian Minut

Pantauan media ini,selain mendirikan dapur umum dan membagikan makanan dos di desa Maen dan Batu Putih Bitung, sebagai dukungan kepada pemerintah daerah di dua wilayah itu PT MSM/PT TTN juga mengerahkan alat berat untuk membuka buka akses jalan yang tertutup longsor.

Adapun lokasi pembersihan titik area akses jalan wilayah Minut dan Bitung dilanda tanah longsor yang dibantu alat berat perusahan yakni;
– batu putih/duasudara
– kokoleh 1
– paslaten
– kaweruan(nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *