Tim Promkes RSUP Kandou Gelar Penyuluhan Tentang Penyakit Diabetes

Manado, BAROMETERSULUT.com – Rumah Sakit Prof RD Kandou Manado tmelalui Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran (Promkes) RSUP Prof Kandou secara intensif memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tetap hidup sehat.

Salah satunya adalah penyuluhan kesehatan yang dilakukan pada Pasien dan Pasien Keluarga yang datang untuk berobat pada Selasa, (6/12) yakni Penyuluhan tentang penyakit Diabetes f di Poliklinik Bedah RSUP Kandou dengan Materi Penyuluhan.

Dalam kegiatan Penyuluhan ini dr. Bisuk Parningotan Sedli, Sp.PD selaku Narasumber menyampaikan bahwa penyakit Diabetes merupakan suatu penyakit dimana kadar gula dalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat menghasilkan atau menggunakan insulin secara cukup.

Aten, dr. Bisuk Parningotan Sedli, Sp.PD adalah dokter spesialis penyakit dalam di Poliklinik penyakit di RSUP Prof. dr. RD Kandou, Manado.

Dalam pemaparannya Narasumber antara lain menjelaskan statistik dan faktor risiko terjadinya kerusakan retina akibat diabetes melitus. Disebutkan bahwa sekitar 80% pengidap diabetes di Indonesia tidak sadar menderita diabetes. Menurut WHO ada 422 juta penderita diabetes didunia.

Baca juga:  Di Pimpin Aryanto Paneo, Partai Gelora Talaud Makin Siap Hadapi Pileg dan Pilkada 2024

“Yang pasti Faktor risiko penyakit diabetes ada yang bisa di ubah dan tidak bisa di ubah. Faktor yang bisa di ubah antara lain berat badan, aktifitas fisik, hipertensi, pola makan tidak seimbang, dislipidemia, dan riwayat penyakit jantung. Sedangkan faktor risiko yang tidak bisa diubah yaitu usia di atas 40 tahun, kehamilan dengan gula darah tinggi, ibu dengan riwayat melahirkan bayi dengan BBL di atas 4 kg, bayi yang memiliki BBL kurang dari 2,5 kg dan mempunyai riwayat keluarga menderita diabetes,” katanya.

Sumber menambahkan, ahwa Diabetes mellitus dapat di cegah dengan mempertahankan berat badan ideal, makan makanan sehat, rutin beraktifitas fisik 30 menit setiap hari, tes glukosa darah dan kadar HbA1c secara teratur, dan hindari penggunaan tembakau (merokok) serta hindari konsumsi alkohol.

Baca juga:  Kapolres Minahasa Kunjungi Objek Wisata Pantai Ingatkan Protokol Kesehatan

Dalam kegiatan penyuluhan itu, Narasumber menjawab sejumlah pertanyaan dari masyarakat yang terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado yang diwakili oleh Kepala Unit Administrasi dr. Ade John Nursalim, Sp.M, MARS, MM dalam penutupan kegiatan edukasi ini menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada narasumber dan seluruh pasien dan keluarga yang mendampingi pasien telah berkenan mengikuti edukasi kesehatan.

“Kami dari instalasi promosi kesehatan dan pemasaran menyampaikan terimakasih atas waktu dan kesempatannya. Semoga kegiatan hari ini dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kepada saya sekalian dalam bidang ilmu kesehatan,” kata dr Ade John.(nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *