17 Puskesmas Dipastikan Capai Target Akreditasi tahun 2023

Handry Pasandaran

Tahuna, BAROMETERSULUT.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), menargetkan 17 Puskesmas Terakreditasi di Tahun 2023.

Kepala Dinkes Sangihe, Hanry Pasandaran saat ditemui awak media, mengatakan sudah depalan puskesmas yang terakreditasi hingga saat ini, sisahnya sembilan puskesmas dalam proses dan akan terus diupayakan hingga akhir desember sudah selesai untuk akreditasi.

Bacaan Lainnya

“Dipastikan akan selesai hingga akhir desember 2023 dan dalam 1 minggu, tiga puskesmas akan diakreditasi sehingga target dapat tercapai,” kata Pasandaran, Selasa (28/11/2023).

Dijelaskan Pasandaran, untuk akreditasi Puskesmas ini akan berupaya dengan pendampingan dari Dinas Kesehatan menargetkan akreditasi Paripurna.

“Hal ini pastinya dinilai sejauh mana kelengkapan berkas dari tiap puskesmas, jika sudah diatas 80 persen dokument yang tersedia, pastinya akreditasi Paripurna, 70-80 Persen akreditasi Utama, tergantung dari keseriusan niat pihak puskesmas,” jelasnya.

Lanjut Pasandaran, dalam hal akreditasi ini tugas utama Dinas Kesehatan rutin melakukan pendampingan ditiap puskesmas dalam mempersiapkan penilaian akreditasi.

“Bahkan baru-baru ini sudah ada 1 puskesmas yang akreditasi Paripurna dan sudah bersertifikat, yaitu puskesmas Manalu, Kecamatan Tabukan Selatan,” ungkap Pasandaran.

Terkait capaian tersebut, Pasandaran menuturkan prosesnya tidaklah muda, akan terlihat perbedaan dari sisi pelayanan maupun tata kelola.

“Pada dasarnya predikat Paripurna untuk puskesmas, tentu harus dibarengi dengan pelayanan baik kepada masyarakat dan tidak hanya pada saat survey dalam penilaian, namun tetap berkelanjutan sehingga puskesmas harus jadi wadah pelayanan kesehatan yang bermutu, keluahan yang sangat minimal,” tutup Pasandaran.

(Christ)

Pos terkait