Ketua HIPMI Sulut Natanael Pepah Apresiasi Sederet Keberhasilan 7 Tahun Kerja ODSK

Sulut,BAROMETERSULUT.com- Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, memasuki 7 tahun usia pemerintahannya di Nyiur Melambai.

Sederet keberhasilan membawa Sulut semakin maju diberbagai sektor. Bahkan disaat pandemi, pemerintahan ODSK mampu mengatasinya dengan baik.

Kinerj-kinerja yang telah dan sementara dilaksanakan membuat mata dunia menuju ke Sulawesi Utara.

1. Infrastruktur
Pemerintahan ODSK sukses mendatangkan mega proyek nasional seperti Tol Manado-Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Pulisan, KEK Bitung, Waduk Kuwil dan Lolak, peningkatan infrastruktur jalan, hingga penataan Bunaken serta peningkatan Bandara Sam Ratulangi Manado.

2. Kesehatan
Di bidang kesehatan, ODSK juga terbukti hebat, karena mampu mendirikan beberapa tempat pelayanan kesehatan.

Seperti, RSUD ODSK di Jalan Bethesda Kota Manado. RS Mata di Wanea, RS Jiwa di Kalasey, hingga Klinik Ibu dan Anak.

Semua fasilitas kesehatan tersebut berstandar internasional.

Terlebih, ODSK dinilai mampu survive ketika gelombang Covid-19 melanda dunia. Disaat itu pertumbuhan ekonomi daerah naik dan hadirnya RS Cita Waya khusus untuk penangan Covid-19.

3. Pertanian
Program Marijo bakobong Pemprov Sulut terbukti ampuh menaikan ekonomi daerah. Bahkan Nilai Tukar Petani (NTP) naik drastis. Juga Pemerintah menyiapkan asuransi pertanian kepada petani yang gagal panen.

4. Investasi
ODSK terus menjamin kemudahan berinvestasi bagi siapa saja yang ingin masuk. Sehingga banyak investor asing yang masuk ke Sulut. Bahkan iklim investasi selang 7 tahun terakhir, sangat sejuk.

Pemerintah Sulut, memotong proses birokrasi dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ditugaskan mengawal kegiatan investasi.

Baca juga:  Tandatangani Kerja Sama RKUD, Bupati Boltim Apresiasi Bank SulutGo

5. Perekonomian
Perekonomian Sulut pada triwulan II tahun 2022 tumbuh positif 5,93 persen (yoy). Lebih tinggi dibandingkan capaian triwulan sebelumnya yang tercatat 3,89 persen (yoy) dan lebih tinggi dibandingkan nasional yang tumbuh 5,44 persen (yoy).

6. Pengangguran dan Kemiskinan
Pemerintahan ODSK juga dinilai sukses menurunkan angka pengangguran.

Dimana, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari 7,28 persen pada Februari 2021, menjadi 6,51 persen pada Februari 2022. Penurunan angka TPT ini, tidak terlepas dari proses pemulihan perekonomian Sulut sepanjang triwulan IV- 2021 dan triwulan II/2022, yang telah mendorong meningkatnya kemampuan dunia usaha dalam melakukan penyerapan tenaga kerja.

Begitu juga dengan jumlah penduduk miskin di Provinsi Sulut pada Maret 2022 menurun sebesar 11,2 ribu jiwa dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

7. Pariwisata
Sektor Pariwisata yang sempat lesu saat diterpa pandemi Covid 19 kembali menunjukan asa-nya. Tahun ini OD-SK buka penerbangan langsung Manado-Korea dan Manado-Jepang. Kebijakan itiu dinilai mampu untuk membangkitkan gairah pariwisata.

9. Penghargaan
Sederet penghargaan juha diraih oleh ODSK selama 7 tahun memimpin Sulawesi Utara.

Pertama, penghargaan Harmony Award Tahun 2021 dari Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB).
Kedua, anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (PPT) dengan kategori sangat baik.
Ketiga, penghargaan BKN Award 2022.
keempat, adalah Primaniyarta 2022 dari Presiden Joko Widodo.
Kelima, penganugerahan Paritrana Award Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kategori Pemerintah Provinsi, dengan predikat the best.
Keenam, penghargaan Bl Award 2022 dari Bank lndonesia (B).
Ketujuh, penghargaan Pemerintah Daerah dengan Kinerja Terbaik dalam Melaksanakan Pembangunan melalui Program Regional Project Closing Workshop Infrastruktur Development Fund (RIDF).

Baca juga:  Sambut Idul Adha 1442H Gubernur Olly Serahkan Bantuan 61 ekor Sapi Kurban

Kedelapan, Anugerah Meritokrasi 2022 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan predikat baik.
Kesembilan, penghargaan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Pengarah Satgas Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), mendapatkan posisi terbaik II dalam kategori provinsi wilayah Kawasan Indonesia Timur yang dinilai optimal melakukan akselerasi digitalisasi.

Kesepuluh, penghargaan dari Ombudsman Rl, peringkat pertama Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dengan nilai 98,15 pada opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

“Kerjasama dan kekompakan ini akan terus terbangun. Karena memang dari awal saya dan Pak Wagub Steven Kandouw sudah berkomitmen untuk satu tekad dalam memajukan daerah. Semua elemen juga bersatu padu dengan kita untuk memajukan daerah,” kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Keberhasilan tersebut mendapat apresiasi dari Ketua HIPMI Sulawesi Utara, Natanael Pepah.

“Prestasi demi prestasi telah diukir Pal Gubernur dan Wakil Gubernur dalam mewujudkan kesejahteraan mayarakat Sulut. kiranya prestasi dan capaian pemerintahan ODSK akan terus berlanjut ditahun mendatang,” ujae Natanael.

“Kita sebagai warga nyiur melambai patut mensyukuri perkembangan Sulut dan terus mendorong dan bersama mendukung program pemerintah ODSK,” pungkasnya.(*/nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *