25 Tahun GERMITA, Komitmen Mewujudkan Kemandirian Teologi, Dana dan Daya Hingga Menjadi Berkat Bagi Indonesia.

Catatan:Pdt Dr.Arnold.Apolos.Abbas,MTh (Ketua Umum Sinoder GERMITA:

Pelaksanaan Seminar Dalam rangka menyambut “Silver Anniversary” yang dilaksanakan oleh Badan Pekerja Majelis Sinode Gereja Masehi Injili Talaud (BPMS -GERMITA), Seminar bertajuk Rekonstruksi History Kelahiran GERMITA banyak membawah pencerahan dan Informasi bahkan menjadi titik awal bersama keluarga besar GERMITA. Adapun seminar itu menghadirkan para narasumber yang kredibel yakni:

1.Pastor Dr.Julius Saletia, studi pasca sarjana di Universitas Urbaniana Roma 1995. Rektor STF Pineleng 2022. Menulis beberapa buku salah satu berkaitan dengan Misi di kepulauan Talaud, berjudul: “Carlos Cuarteron Misionaris Awam Pertama Yang Dilupakan” Tahun 2021.

Pastor Dr. Julius Saletia lahir di Mangaran 16 Juli 1960 dan menempuh studi di Roma thn 1995

2.PITRES SAMBOWALIDE, akan menyampaikan materi Pekabaran Injil Di Talaud Sejak 1859 Hingga Masa Pendirian Gereja-Gereja Pribumi Diantaranya GMIST, Serta Apresiasi Gereja Talaud Hingga Kurun Waktu 1950-an. PITRES SAMBOWADILE; Pengamat social dan Aktivis Sosial, jurnalis kawakan, Penyair dan seorang professional di Bidang Book Maker, penggagas sekaligus pengelola jaringan konektivitas global
diaspora orang Sangihe – Talaud se-jagat (The SaTal Conection). Ia telah banyak meneliti dan menulis buku, diantaranya yang berkaitan dengan masyarakat Talaud :
“Kawasan Sangihe – Talaud – Sitaro : Daerah Perbatasan, Keterbatasan, Pembatasan” (Fuspad, Yogyakarta, 2008).

3.Pdt.FIRDAUS MAYUSIP M.Th., dipercayakan dan sangat relevan untuk menyampaikan materi Sejarah Upaya-Upaya Mendorong Kearah Pembentukan Gereja Talaud Dalam Berbagai Forum GMIST pada Periode 1950 – 1997. Pdt. FIRDAUS MAYUSIP M.Th., D.Min., Yang bersangkutan adalah Pejuang dan Perintis berdirinya Sinode GERMITA, pelaku sejarah proses perjuangan mendirikan GERMITA, Ketua Proto Sinode, Mantan Katua Sinode GERMITA tiga periode, dan saat ini Ketua MPPS GERMITA.

4.Pdt. Dr. ELDON T. MATONENG, Teolog GERMITA yang sudah banyak melakukan kajian teologi untuk pengembangan GERMITA (diantaranya dokumen Pengakuan Iman GERMITA), saat ini selaku Sekretaris MPPS GERMITA.

5.MAX LAU SISO akan menyampaikan materi Dari Masa Sulit Perjuangan Menuju Masa Karunia Terbentuknya GERMITA pada Periode 1991 – 1997. MAX LAU SISO; seorang politisi dan aktivis social ternama, Pejuang GERMITA, juga sangat dikenal sebagai Pejuang Aspirasi Kebangsaan Dan Peran Kristen secara Nasional. Saat ini Staf Khusus Gubernur Sulawesi Utara

6.CHYRUS T. LALOMPOH, M.Pd., dalam kegiatan ini menyampaikan materi Strategi Gagasan Proto Sinode Sebagai Jalan Lapang Menuju Sinode Talaud. Dr. CHYRUS T. LALOMPOH, M.Pd., Pejuang Pembentukan GERMITA, pimpinan Sidang Proto Sinode Talaud.

7. Pdt. Dr. ARNOLD A. ABBAS, MTh Pendeta GERMITA akan untuk menyampaikan dua materi masing-masing Materi tentang Visi, Misi, dan Cita-Cita Awal Gereja Talaud Yang Berkembang Dalam Komisi Kerja Proto Sinode Talaud dan materi Pertumbuhan Dan Kemajuannya Selang 25 Tahun (1997 – 2022) GERMITA Sebagai Berkat Tuhan Bagi Talaud, Indonesia, dan Dunia.

Pdt. Dr. ARNOLD A. ABBAS; Pendeta GERMITA dalam kapasitasnya selaku Pejuang Pembentukan GERMITA, Ketua Tim Studi Kelayakan Berdirinya Sinode Talaud dan resmi Ketua Umum Sinode GERMITA.

Inilah catatan singkat terkait pelaksanaan seminar yang di laksanakan Jemaat Germita Nazaret Moronge pada Tanggal 27 September 2022:

Cita-cita awal berdirinya sinode GERMITA adalah dalam rangka kemandirian teologi, daya dana. Dalam segala keterbatasan dan kekurangannya pada waktu itu (1997) dengan amanat Tuhan Yesus memberitakan Injil kerajaan Allah kepada umat yg ada di kepulauan Talaud dan dunia pada umumnya (Matius 28:29-20).

Dengan kata lain untuk menjawab tuntutan Kebutuhan pelayanan jemaat-jemaat yang tersebar di sejumlah pulau-pulau Talaud.

Jarak yang jauh dengan pusat pelayanan (Sinode) berkedudukan di Tahuna, membuat stagnasi pelayanan di jemaat-Jemaat yanf ada di kepulauan Talaud. Maka, atas pertimbangan itu dilakukan lah pemekaran struktur organisasi pelayanan sehingga pelayanan semakin dengan warga jemaat.

Dengan spirit perjuangan dan kesungguhan pelayanan pembentukan Sinode Talaud dimaksudkan agar jemaat di Talaud semakin mandiri, baik teologi, daya dan dana.Inilah hal yang mendasar yang telah mendorong GERMITA untuk terus melabarkan sayap pelayanan dengan komitmen iman untuk menjadi berkat bagi masyarakat Talaud dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Jadi berdirinya sinode GERMITA secara global juga dimaksudkan untuk menjadi berkat bagi masyarakat bangsa dan negara Indonesia.

[Dalam perjalanan panjang setelah dua puluh lima tahun GERMITA berdiri ada banyak kemajuan yg telah dicapai dari berbagai

Dari aspek personalia tenaga kependetaan, Ketika GERMITA terbentuk kita hanya memiliki 64 jemaat. Skarang jemaat kita sudah berjumlah 137 jemaat.

Untuk aspek dan kualitas sumberdaya manusia (tenaga Pendeta), sudah banyak pendidikan strata dua dan juga beberapa orang telah berhasil meraih gelar strata tiga (S3).

Sementara segi pengembangan sarana prasarana kita sementara melaksanakan pembangunan kantor Sinode baru yang representatif Desa Lirung dan diharapkan selesai bulan Oktober 2022.

Disamping itu, kekuatan dan potensi serta pengembangan pendudukung dan kelengkapan pelayanan, saat ini hampir semua jemaat sudah memiliki Pastori, rumah tempat tinggal Pendeta dan demikian pemberian dan perhatian kesejahteraan bagi pendeta sudah baik dan layak era saat ini.

” Eksistensi GERMITA yang menapaki usia pelayanan ke-25 tahun pada tahun 2022 ini , adalah bukti semangat perjuangan, komitmen iman kebersamaan seluruh pengurus, tokoh pendiri dan dukungan seluruh Jemaat serta dukungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud dan Provinsi Sulut Sulut serta para simpatisan yang baik hati”(****)

About Redaksi Barometer Sulut

Check Also

RSUP Prof Kandou Manado di Ganjar Penghargaan Kasad, Atas Keberhasilan Operasi Pemisahan Kembar Siam “Joanna dan Jovelyn”

Manado,BAROMETERSULUT.com-Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan penghargaan khusus kepada manajemen RSUP …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Alamat Redaksi;
Jln Gandaria XI Nomor 29 Griya Paniki Indah, Mapanget Kota Manado-Sulut 
email: gerbangmediaindo@gmail.com