Rio Dondokambey Terpilih Masuk Central Committee di Dewan Gereja Dunia, Ini Kata Ketum Sinode Germita

Talaud, BAROMETERSULUT.com– Badan Pekerja Harian Gereja Masehi Injili Talaud (BPH-Germita) dan  dan seluruh warga GERMITA menyampaikan selamat dan sukses kepada Pnt. Rio Alexander Jeremia Dondokambey terpilih menjadi Central Committee di DGD (Dewan Gereja Dunia) World Caouncil of Church’es/ WCC dalam pemilihan di sidang Umum, Senin (6/9) di General Asembly di Jerman.

“Sosok Pnt Rio Alexander Jeremia Dondokambey layak mewakili Gereja2 di Asia, Indonesia dan Sulut karena memiliki kapasitas dan kapabilitas utk jabatan tersebut” ujar Ketua umum BPH Sinode Germita Pdt. Dr. Arnold A.Asbbas kepada media ini, Selasa (7/9).

Menurut Abbas sapaan akrabnya, bung Rio adalah tokoh pemuda gereja, Pelsus yg berasal dari GMIM gereja yang besar dan memiliki pengalaman oikumenis cukup lama sebagai anggota DGD.

” Fakta, GMIM banyak memberi kontribusi bagi gerakan keesaaan di tingkat internasional. Karena itu Pnt. Rio pantas mendapat penghargaan itu”katanya.

Dia menambahkan,  Pnt. Rio Alexander Jeremia Dondokambey, seperti nama yg disandangnya “Jeremia” akan menjadi “seorang nabi’ dari Asia utk menyuarakan suara kenabiannya di DGD dalam rangka pembaharuan gerakan keesaan oikumenis yg berdampak pada perdamaian, keadilan dan keutuhan ciptaan (justice, peace and integrity of creation) di tingkat dunia (Global).

Lebih jauh Abbas menegaskan, secara khusus posisi ini juga akan berdampak pada program-program pemberdayaan dan gerakan keesaan dari DGD. Sulut akan mendapat perhatian DGD, Gereja di Eropa dan akan ada banyak kemudahan bagi Gereja-gereja di Sulut untuk membangun hubungan oikumenis dengan Gereja-gereja di Eropa, Asia dan tingkat dunia.

Pada hakekatnya kata Abbas, Gerakan keesaan oikumenis di tingkat dunia ini mempersatukan umat kristiani dari berbgai latar belakang denominasi utk memberikan kontribusi bagi perdamaian dunia dan pembaharuan dunia yg lebih adil dan manusiawi. Gerakan2 keesaan dunia ini mempunyai misi terciptanya keadilan, perdamian dan keutuhan ciptaan (Justice, peace n i trgrity of creation).

” Yang pasti, Harapan dan doa kita Pnt. Rio Alexander Jeremia Dondokambey akan mampu mengemban tugas panggilannya di DGD, terutama membawa aspirasi Gereja-gereja di Asia agar bisa mendapat perhatian Gereja-gereja di Eropa dan tingkat dunia, sehingga ada keseimbangan, keadilan serta menyuarakan suara kenabiannya untuk perdamaian dunia.”tandas Pdt Abbas sembari  mengucapkan selamat kepada Pnt Rio A.Jeremia Dondokambey untuk melaksanakan tugas baru sebagai anggota Central Committee DGD, Tuhan Memberkati.(nando)

About Redaksi Barometer Sulut

Check Also

Tim Resmob Polsek Aertembaga Amankan 2 Terduga Pelaku Pencurian di Winenet Dua

Bitung,BAROMETERSULUT.com- Tim Resmob Polsek Aertembaga mengamankan terduga pelaku pencurian yang terjadi di Kelurahan Winenet Dua, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Alamat Redaksi;
Jln Gandaria XI Nomor 29 Griya Paniki Indah, Mapanget Kota Manado-Sulut 
email: gerbangmediaindo@gmail.com