Hebat! Minut Bakal Miliki BLK Terbesar di Sulut, Joune Ganda: Bakal Cetak SDM Yang Skill dan Expert!

Jakarta,BAROMETERSULUT.com- Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara(Minut) bakal memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) pertama dan terbesar di Sulawesi Utara, dan akan menjadi Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP).

Progres ini telah diawali dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI bersama Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut), berlangsung di kantor Kemenaker Jakarta, Jumat (26/08/22).

Adapun 0enandatanganan dilakukan Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalavotas) Kemenaker Budi Hartawa bersama Bupati Minahasa Utara Joune Ganda,SE.MAP dan turut disaksikan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

Diketahui kerja sama ini terkait serah terima lahan dan bangunan, dalam rangka Transformasi Balai Latihan Kerja (BLK), dan penandatanganan Nota Kesepakatan Peningkatan Kompetensi antara Kemenaker RI, bersama Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

Adapun rencana pemerintah Pusat ini wujud sinergitas, seleras dengan pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dinakhodai Olly Dondokambey-Steven Kandouw (OD-SK) maupun Pemerintah Kabupaten Minut digawangi Joune Ganda, Kevin W. Lotulung (JG-KWL).

Menteri Tenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Minahasa Utara, yang telah menghibahkan lahan dan bangunan, untuk pelatihan calon tenaga kerja handal.

Kemenaker juga lanjut menteri, telah menetapkan program Transformasi BLK, untuk mengenjot peningkatan kompetensi SDM, dan bantuan permodalan usaha bagi kelompok masyarakat.

“Dalam waktu dekat akan segera direalisasikan pembangunan BLK UPTP di Minahasa Utara. BLK ini adalah yang pertama dan terbesar di Sulawesi Utara, dan akan menjadi Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Minut,” terang Ida Fauziyah.

Sementara Bupati Joune Ganda menyambut baik kerja sama ini, dalam rangka pemanfaatan BLK dan peningkatan SDM tenaga kerja di Minahasa Utara.

“Kami mengapresiasi ide dan program Kemenaket. Harapan kami, kerja sama dan terobosan ini, akan memberikan dampak konstruktif bagi pengembangan BLK dan SDM Di Minahasa Utara, untuk menjadi tenaga skill dan expert,” ujar Bupati Joune Ganda.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmingrasi Pemprov Sulut Erny Tumundo, Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemkab Minut Edwin Ombuh serta Kaban Keuangan Carla Sigarlaki. (*/nando)

About Redaksi Barometer Sulut

Check Also

RSUP Prof Kandou Manado di Ganjar Penghargaan Kasad, Atas Keberhasilan Operasi Pemisahan Kembar Siam “Joanna dan Jovelyn”

Manado,BAROMETERSULUT.com-Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan penghargaan khusus kepada manajemen RSUP …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Alamat Redaksi;
Jln Gandaria XI Nomor 29 Griya Paniki Indah, Mapanget Kota Manado-Sulut 
email: gerbangmediaindo@gmail.com