Puncak Arus Mudik 2022 Pelabuhan Melonguane, Jumlah Penumpang dan Barang Meningkat 40 Persen

Talaud,BAROMETERSULUT.com- Jelang perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah dan momentum liburan Cuti bersama tahun 2022, kondisi arus penumpang dan barang di pelabuhan laut Melonguane di Talaud meningkat signifikan.

Pantauan awak media barometersulut.com Sabtu(30/4) tampak kondisi pelabuhan kelas III Melonguane ini sangat ramai dan padat dari hari biasanya.

Peningkatan arus penumpang dan barang itu merupakan penumpang dari KM Barcelona dan KM Glory Marry yang rutin melayani jalur Manado-Talaud dan sebaliknya.

Publik Relation Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) kelas III Melonguane Eddi Terok kepada media ini menuturkan, jelang H-3 Idul Fitri terjadi lonjakkan kunjungan dan keberangkatan penumpang dan barang dari Manado ke Talaud dan sebaliknya yang sangat signifikan.

Baca juga:  17 Titik Tapal Batas Minut-Bitung Disahkan Gubernur Olly Dondokambey

Dijelaskannya, terkait dengan kelancaran dan keamanan arus mudik soal keamanan dan keselamatan pihaknya mendirikan posko dan pos operasi ketupat 2022.

Untuk Posko kelancaran dan keamanan arus mudik 2022 ini tanpa pos pencegahan Covid -19 sesuai aturan yang di tetapkan oleh pemerintah,apalagi 95% masyarakat Talaud telah melakukan vaksinasi booster.

“Jika dibanding hari sebelumnya, kondisi hari ini yang merupakan pelayaran atau kunjungan dan keberangkatan penumpang terakhir sebelum hari raya Idul Fitri jumlah penumpang sangat ramai dan jumlah barang yang banyak serta bervariasi.”katanya.

Lebih jauh di menjelaskan, dalam rangka mengantisipasi lonjakkan arus penumpang tahun 2022 ini, pengaturan dan pengamanan arus mudik ini dibentuk Pos Koordinasi angkutan laut lebaran tahun 2022, yang melibatkan aparat gabungan TNI, Polri dan personil dinas perhubungan Setda Kabupaten Talaud.

Baca juga:  Asops Danlantamal VIII Sajikan Materi " Peran TNI AL"

“Kami mengimbau agar masyarakat Talaud yang akan bepergian menggunakan Moda transportasi laut, agar memperhatikan keamanan dan keselamatan dalam perjalanan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.”tandas Eddy sambil menambahkan untuk arus mudik tahun ini bagi warga Miangas dan Napombaru pihaknya menyiapkan dua Moda transportasi laut.(nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *