Gandeng Kemendagri, Badan Keuangan Minut Gelar Bimtek SIPD

Minahasa Utara, BAROMETERSULUT.com- Guna meningkatkan pemahaman terhadap Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), Badan Keuangan gandeng Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan pemerintahan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) 2021.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh perangkat daerah, camat, kepala bagian sekertariat daerah, badan keuangan, kasubag perencanaan, kasubag keuangan, serta bendahara pengeluaran akan berlangsung selama 3 hari sejak Rabu 29 September sampai Jumat 1 Oktober 2021, di Hotel Sutan Raja.

Sementara, materi bimtek tentang SIPD dibawakan oleh dua narasumber perwakilan dari Kemendagri yakni, Yanuar Andriaya Putra, ST, MMSI, dan Muhammad Rizky Dhamat Pangestu, S.Kom.

Saat membacakan sambutan Bupati Minut Joune Ganda, Sekertaris daerah Jemmy Kuhu mengatakan reformasi bidang administrasi dan pengelolaan keuangan ditandai dengan perubahan peraturan bidang keuangan baik keuangan negara maupun keuangan daerah, perubahan ini tentunya akan menuju kepada perbaikan guna mewujudkan suatu kondisi yang ideal.

“Perubahan seringkali menjadikan kita sulit untuk melakukan penyesuaian terhadap perubahan tersebut, namun di masa sekarang ini semua orang dituntut untuk bergerak cepat menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi dan senantiasa bersikap antisipator,” kata Kuhu saat membuka kegiatan bimtek.

Lebih lanjut Kuhu mengatakan, saat ini kita ketahui perubahan peraturan terhadap pengelolaan keuangan daerah seperti peraturan menteri Dalam negeri nomor 70 tahun 2019 tentang sistem informasi pemerintahan daerah, Peraturan menteri dalam negeri nomor 90 tahun 2019 tentang klasifikasi kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah, serta peraturan menteri dalam Negeri nomor 77 tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah yang saat ini sudah harus diterapkan dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah.

“Untuk itu saya mengingatkan akan pentingnya pemahaman setiap aparatur pemerintah daerah terutama pada para kepala sub bagian perencanaan, kepala sub bagian keuangan dan para bendaharawan setiap perangkat daerah di lingkungan pemerintahan Kabupaten Minut terhadap percepatan implementasi sistem informasi pemerintah daerah,” terangnya.

Dari bimtek tersebut, Bupati Joune berharap hal ini akan mampu melahirkan aparatur pemerintahan yang profesional dalam mengelola keuangan daerah sehingga prinsip-prinsip pengolahan keuangan yang partisipatif transparan dan akuntable  dapat tercipta dan terwujudkan.

Sebelumnya, Kepala Badan Keuangan Minut Petrus Macarau menyampaikan laporan dan tujuan kegiatan tersebut.

“Maksud dan tujuan digelarnya kegitan ini agar ASN mampu memahami informasi perencanaan anggaran daerah, pelaksanaan dan penatausahaan keuangan daerah, akuntansi dan pelaporan keuangan daerah, pertanggungjawaban pelaksanaan keuangan daerah, barang milik daerah, dan keuangan daerah lainnya,”jelas Macarau.

Adapun hasil yang diharapkan setelah digelarnya dalam kegiatan ini, peserta mampu memahami dan menyusun perencanaan anggaran daerah berbasis elektronik yang meliputi penyusunan KUA dan PPAS, penyusunan rencana kerja dan anggaran SKPD, penyusunan rancangan APBD, dan penyusunan dokumen pelaksanaan anggaran SKPD.

(Anggi)

About Redaksi Barometer Sulut

Check Also

Respons Bencana di Kota Manado, DMC dan DDS Intensifkan Dapur Umum Hingga Aksi Bersih-bersih

Manado,BAROMETERSULUT.com-Disaster Management Center (DMC) dan Dompet Dhuafa Sulawesi Utara masih terus memberikan bantuan penanganan banjir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Alamat Redaksi;
Jln Gandaria XI Nomor 29 Griya Paniki Indah, Mapanget Kota Manado-Sulut 
email: gerbangmediaindo@gmail.com