Email: info@barometersulut.com | Phone: +62 821-8896-9002

Barometer
0

Sulut Potensial Jadi Pusat Perdagangan dan Pusat Industri Keuangan di Bibir Pacific.

Written by Lukas Redaksi  •  Selasa, 26.02.2019, 08:30
20 Views

Manado. – Calon anggota DPD RI daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Utara (Sulut) 2019-2024 No Urut 34. Dr ML Denny Tewu, menilai Sulut memiliki peluang menjadi pusat Perdagangan dan Industri Keuangan di Bibir Pacific.

Potensi tersebut dapat dilihat, dari posisi Sulut yang strategis, yang berada di bibir Pacifik, sementara dunia sedang melihat Pacific area akan menjadi pusat jalur perdagangan dunia yang sangat lengkap, dengan adanya pembangunan jalur sutera darat oleh China, yaitu Guangzhou sebagai pusat pelabuhan yang mampu menghubungkan arus perdagangan dari Lautan Pacific menuju Eropah melalui darat dengan kereta api. Harapannya Sulut juga nantinya memiliki jalur kereta api Manado-Makasar yang akan meregus biaya transportasi yang sangat signifikan.

Begitu juga, lanjut dosen magister manajemen UKI Jakarta ini, bahwa dengan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) maupun Kawasan Industri Pariwiisata serta didukung dengan Program Fantastic 4 (Listrik, Air, SDM, Teknologi) yang mumpuni maka tentunya kedepan akan terjadi berbagai bisnis-bisnis besar di dalamnya, di mana lokasi ini akan bertumbuh berbagai investasi industri yang sangat memungkinkan Sulut menjadi salah satu pusat perdagangan dan pusat Industri keuangan untuk kawasan Pacific.

“Potensi pariwisata dan beragam budaya dengan tanah yang subur serta cuaca seperti sorga yang tersembunyi di Sulut, semua itu merupakan daya tarik yang luar biasa, sehingga orang akan sangat suka datang ke Sulut,” katanya.

Tak itu saja, dengan ditopang sumber Daya manusia, Sulut yang inklusif dan siap menerima keragaman, menjadi suatu hal yang sangat menarik bagi orang asing untuk berhubungan dengan masyarakat Sulut secara damai dan sejahtera.

Ada berbagai kelebihan Sulut yang luar biasa, selain culture yang toleran, alamnya yang indah, cuacanya ada lokasi yang panas di pesisir pantai, dan dingin di daerah pegunungan, makanannya beragam, pasti semuanya akan terkelola dengan baik secara bertahap. “Potensi jelas ada, rencana juga sudah banyak tinggal action secara bersama,” ujarnya.

Mantan Ketua Umum Partai Damai Sejahtera ini juga mengakui bahwa era Pacific sudah diramalkan oleh Dr Sam Ratulangi pada dekade 60-70 tahun lalu. Dan Sulut akan menikmati keunggulan geografis maupun demografis dengan SDM yang mumpuni.

“Untuk itu, kini saatnya generasi kita yang harusnya bisa menikmati era itu dengan mengeksplore berbagai keunggulan yang dimiliki Sulut yang luar biasa,” sebut Tewu.

Untuk itulah, harapannya kalau Rakyat Sulut mempercayakannya sebagai anggota DPD-RI maka Tewu memastikan akan terlibat menyuarakan dan mendorong segala lapisan masyarakat untuk mewujudkannya secara bersama dengan filosofi mapalus.(Admin)

More Articles

  • Sepuluh Pamen Jajaran Kodam XIII...

    MANADO,Barometersulut.com-Markas Besar Angkatan...

  • By Redaksi Barometer Sulut • Apr 04 Read More »

    Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    To Top