Email: info@example.com | Phone: 0181 1234 567

Barometer
0

Terima Pasukan Kodam XIII/Merdeka

Mayjen TNI Tiopan Aritonang Komitmen Majukan Kodam XIII/Merdeka

Written by Redaksi Barometer Sulut  •  Minggu, 29.07.2018, 19:33
72 Views
IMG-20180729-WA0003

IMG-20180729-WA0002
MANADO,Barometersulut.com-Sebagai tindak lanjut Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka dari Mayjen TNI Madsuni kepada Mayjen TNI Tiopan Aritonang yang dipimpin oleh KASAD Senin (23/7/2018) di Jakarta, maka ditindak lanjuti dengan upacara penyerahan satuan Kodam XIII/Merdeka,Jumat (27/7/2018) di lapangan Makodam XIII/Merdeka.

IMG-20180729-WA0003
Mayjen TNI Madsuni dalam amanatnya menyampaikan bahwa acara tradisi satuan ini merupakan rangkaian kegiatan serah terima jabatan Panglima Kodam XIII/Merdeka yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2018 yang lalu di Mabesad, di mana secara resmi saya menyerahkan tugas, wewenang serta tanggung jawab jabatan Pangdam XIII/Merdeka kepada Mayor Jenderal TNI Tiopan Aritonang.

Menurutnya, serah terima jabatan dalam institusi TNI AD ini adalah hal yang lumrah dan akan terus terjadi di lingkungan TNI AD untuk mewujudkan dan kebutuhan organisasi yang dinamis”Proses sertijab upaya penyegaran organisasi dan kaderisasi kepemimpinan yang didasarkan pada pertimbangan aspek pembinaan personel maupun kepentingan pembinaan satuan guna meningkatkan kualitas kinerja satuan agar dapat melaksanakan tugas pokoknya dengan baik secara maksimal dan tuntas.”ujar Madsuni.

Madsuni menjelaskan bahwa saat ini Kodam XIII/Merdeka sedang mewujudkan sejumlah program prioritas yakni pertama melaksanakan program penguatan fungsi Rindam sebagai “dapur” pembentukan Prajurit Kodam XIII/ Merdeka,seperti latihan kader pelatih pertempuran hutan bagi Satpur jajaran Kodam XIII/ Merdeka.

Sementara prioritas kedua Kodam XIII/Merdeka saat ini juga sedang membangun lapangan tembak 600 meter di Dodiklatpur Noongan untuk dijadikan fasilitas latihan menembak prajurit Kodam XIII/Merdeka.

Program prioritas ketiga katanya adalah menjadikan prajurit Kodam XIII/Merdeka mahir beladiri dengan berlatih Yongmoodo secara intensif,dimana Yonif Raider 712/Wiratama sebagai Satuan Pemukul Kodam sudah menjalankannya sebagai contoh model pelatihan, sehingga ke depan seluruh prajurit Satpur/Banpur jajaran Kodam XIII/ Merdeka juga harus mahir beladiri Yongmoodo seperti halnya prajurit Yonif Raider 712/Wiratama.

Program prioritas ke empat yakni pengembangan satuan. Dalam waktu dekat ini akan diresmikan Korem 133/Nani Wartabone dan Kodim 1313/ Pohuwato di Provinsi Gorontalo untuk memendekkan rentang kendali komando satuan-satuan kewilayahan agar lebih efektif dan efisien.

Selain itu katanya, diupayakan agar Denzipur 4/Yudha Karya Nyata juga akan ditingkatkan statusnya menjadi Yonzipur, dan Kikavser 10/Manguni Setia Cakti menjadi satuan setingkat Detasemen.

“Seluruh upaya peningkatan kemampuan gelar dan kekuatan ini dimaksudkan untuk menjamin kapabilitas Kodam XIII/Merdeka dalam menjalankan tugas pokoknya.”ungkap Madsuni sambil menambahkan upaya diatas termasuk pembentukan batalyon infanteri baru di bawah kendali Korem 131/Santiago yang akan ditempatkan di daerah perbatasan, yakni di Kepulauan Sangihe, Talaud dan Sitaro.

Pada akhir sambutannya Madsuni menyatakan syukurnya atas berkat sinergitas dengan aparat negara lainnya, yakni Pemerintah Daerah dan Polri, serta komponen masyarakat lainnya, wilayah kerja Kodam XIII/Merdeka sampai saat ini dalam kondusif, aman dan terkendali.”Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur dan Kapolda beserta segenap Forkopimda, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh komponen masyarakat diwilayah Kodam XIII/Merdeka atas kerjasamanya selama ini, serta seluruh prajurit dan PNS Kodam XIII/Merdeka di manapun bertugas dan berada, atas loyalitas, dedikasi dan dukungannya, sehingga saya dapat mengemban tugas sebagai Pangdam XIII/Merdeka dengan baik.”tandas mantan Danjen Kopassus itu.

Sementara itu Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang dalam sambutannya mengatakan sebagai seorang perwira TNI angkatan darat yang setia dan loyalis, maka seluruh tugas yang di embankan harus dilaksanakan dengan sungguh dan bertanggung jawab. Sehubungan dengan kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pimpinan angkatan darat kepada saya untuk memimpin Kodam XIII/Merdeka, maka hal tersebut saya patut syukuri dengan tetap bersandar pada kuasa, petunjuk serta bimbingan dari Tuhan Yang Maha Esa, agar amanah tugas dan tanggung jawab ini dapat saya jalankan dengan sebaik-baiknya.

Dikatakannya, secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Mayjen TNI Madsuni yang telah memberikan pengabdian dan darma bakti terbaiknya melalui berbagai karya nyata selama memimpin Kodam XIII/Merdeka, sehingga wilayah kerjanya relatif aman dan kondusif, prajuritnya menunjukkan semangat dan moril yang tinggi, soliditas dan sinerginya dengan Forkopimda sangat nyata, hubungannya dengan seluruh komponen masyarakat begitu harmonis dan kemanunggalan TNI – Rakyat di wilayah yang sangat nyata.”Tantangan tugas kedepan akan semakin kompleks termasuk menghadapi pesta demokrasi Pilkada, pemilihan anggota Legislatif termasuk pemilihan pimpinan nasional pada tahun 2019 mendatang,yang pasti membutuhkan kemampuan pengelolaan kondisi dan situasi agar tetap stabil,aman dan terkendali.”ungkapnya.

Tiopan menambahkan bahwa dirinya akan berkomitmen untuk mempertahankan dan melanjutkan semua yang telah dirintis oleh Mayjen TNI Madsuni serta menuntaskan semua yang telah dikonsep, di gagas dan direncanakan namun belum sempat terlaksana atau terselesaikan karena keterbatasan waktu dan tenaga.

“Kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodam XIII/Merdeka,saya berharap secara bersama -sama untuk menjaga dan memelihara citra dan nama baik Kodam XIII/Merdeka serta meningkatkan prestasi yang pernah diraih, tentunya dengan tetap memelihara profesionalitas perorangan dan satuan.”tandasnya.

Ketika diwawancarai Barometersulut.com Mayjen TNI Tiopan Aritonang mengatakan akan meneruskan seluruh program kerja TNI angkatan darat yang ditugaskan kepada Kodam XIII/Merdeka,dimana dalam rentang beroperasi kembali telah banyak menujukkan kemajuan yang signifikan.”Dengan perhatian pemerintah pusat dan TNI angkatan darat,saat ini Kodam XIII/Merdeka telah berdiri sejajar dengan Kondisi Kodam lainnya di Indonesia.”ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa selain akan meneruskan program kerja TNI angkatan darat,kepada seluruh jajaran Kodam XIII/Merdeka menjalankan tugas sesuai dengan kewenangan yang diberikan serta mengindahkan seluruh larangan dan atensi Komando atas antara lain soal narkoba serta pelanggaran hukum dan disiplin lainnya.”tandas Tiopan sambil menambahkan akan terus menjaga soliditas dan sinergitas dengan Polri,Pemerintah daerah dan masyarakat.(Regina.TS)

More Articles

  • Sepuluh Pamen Jajaran Kodam XIII...

    MANADO,Barometersulut.com-Markas Besar Angkatan...

  • By Redaksi Barometer Sulut • Apr 04 Read More »

    Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    To Top