Jajaran Kodim 1309/Manado Siap Amankan Idul Fitri 1439 Hijiriah

IMG-20180606-WA0004
MANADO,Barometersulut.com-Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1309/Manado bersinergis dengan jajaran Polresta Kota Manado dalam kaitan mendukung penuh pengamanan jelang dan pasca hari raya Idul Fitri 1439 Hijiriah tahun 2018 Masehi.”Melalui operasi ketupat Samrat 2018 personil Kodim 1309/Manado bergabung dalam pos bersama.”ungkap Dandim 1309/Manado Letkol Inf Arif Harianto kepada Barometersulut via telepon genggamnya,Minggu (10/6/2018).

Arif mengatakan adapun pos bersama ini dimaksudkan untuk mendukung keamanan,kelancaran dan keselamatan para pemudik dari dan ke kota Manado,yakni melalui jalur darat,laut dan udara. “Keberadaan ini selain berfungsi ganda yakni sebagai sentral pengamanan dan pusat informasi bagi para pemudik untuk membutuhkan berbagai informasi.”ungkapnya.

Dia menjelaskan, untuk mendukung tugas pokok Polresta Manado,pada momentum hari raya Idul Fitri 2018 ini pihaknya menurunkan sedikitnya 117 orang personil yang tersebar di seluruh pos bersama di seluruh pintu masuk kota Manado serta yang stand bye pada pos satuan masing-masing. “Saya berharap agar seluruh personil TNI yang tergabung dalam pos bersama ini memberikan pelayanan kepada para pemudik dan warga yang membutuhkan bantuan. “tandasnya sambil menambahkan kebersamaan dengan Polri pada momentum Idul Fitri tahun 2018 ini sebagai tindak lanjut dari perintah Komando atas terkait dukungan terhadap kelancaran dan keamanan rangkaian lebaran dan pemudik.

Baca juga:  Pimpin Setijab Kepala Dinas Perhubungan Sulut, Ini Pesan Gemy Kawatu

Sebelumnya Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono dalam acara telekonferensi dengan pimpinan satuan komando kewilayahan TNI AD di seluruh wilayah Indonesia pekan lalu terkait dengan kesiapsiagaan jajaran TNI AD menghadapi pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah yang jatuh pada 15-16 Juni 2018.

“Situasi dan kondisi mudik Idul Fitri ini terutama di wilayah yang warganya sebagian besar meninggalkan rumah-rumahnya untuk mudik ke kampung halamannya, agar diantisipasi peningkatan aksi kriminalitas dan supaya lebih meningkatkan kegiatan patroli ke pemukiman warga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama libur Lebaran ini,” ujar Mulyono di ruang Pusat Komando dan Pengendalian Operasi (Puskodalops) Mabesad, Jakarta Pusat, Jumat (8/6/2018).

Baca juga:  Lima ABG Pelaku Penganiayaan Diamankan Polsek Tombatu

Selain itu, Mulyono juga meminta seluruh Panglima Komando Utama (Pangkotama) yang wilayahnya dilewati oleh arus pemudik, menyiapkan posko-posko rest area.

“Misalnya di Kodim atau Koramil mendirikan tenda-tenda istirahat, penyiapan toilet layanan kesehatan dan juga dapat memberikan bantuan lainnya seperti minum dan snack,” ucapnya.

Sementara terkait pengamanan wilayah, Mulyono memerintahkan kepada para Pangkotama yang wilayahnya memiliki potensi kerawanan yang cukup tinggi untuk selalu siap mengantisipasi perkembangan situasi,termasuk menjaga stabilitas harga sembako.(Regina.TS)

Pos terkait