Email: info@barometersulut.com | Phone: +62 821-8896-9002

Barometer
0

Diikuti Oleh Seluruh Prajurit

Jajaran Kodim 1310/Bitung Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila ke-73 di Dua Wilayah

Written by Redaksi Barometer Sulut  •  Minggu, 03.06.2018, 20:44
113 Views

DSC03104
BITUNG -Jajaran Kodim 1310/Bitung gelar upacara dalam rangka Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari Jumat tangal 1 Juni 2018 yang dilaksanakan di dua tempat yaitu wilayah Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara, (1/6/2018).

DSC03116
Komandan Kodim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat kepada media ini mengatakan bahwa pelaksanaan Hari Lahir Pancasila ke-73 Tahun 2018 diwilayah Kodim 1310/Bitung dilaksanakan dua lokasi yakni dihalaman kantor Walikota Bitung dan halaman kantor Bupati Minahasa Utara.

photo_2018-06-01_09-01-45
Dia menjelaskan bahwa untuk Kota Bitung, tempat pelaksanaan selaku
Inspektur Upacara Walikota Bitung Maximilian Jonas Lomban, Komandan Upacara Plh. Danramil 1310-01/Bitung Lettu Inf Jullen Kasiaheng dan Perwira Upacara dijabat Pasi Pers Kodim 1310/Bitung Kapten Inf Arifin Honggul.

Sementara di Wilayah Kabupaten Minahasa Utara dilaksanakan di lapangan upacara Kantor Bupati, Inspektur Upacara dijabat oleh Kapolres Minahasa Utara AKBP Alparis Patiwael, Komandan Upacara dijabat oleh Pabung Minahasa Utara Mayor Inf Richard Pusung.

“Pelaksanaan upacara hari lahir Pancasila ke-73 Tahun 2018 ini didukung sepenuhnya oleh jajaran Kodim 1310/Bitung serta Polres Bitung dan Polres Minut dengan kerjasama pemerintah kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara.”tandasnya.

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara antara lain mengatakan selama 73 tahun, keberadaan Pancasila tidak perlu diragukan lagi dan telah terpatri dalam sanubari seluruh rakyat Indonesia dan mampu bertahan serta tumbuh di tengah deru ombak ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

“Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.” Kata Presiden.

Presiden menegaskan eksistensi Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.Oleh para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. “Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.” tegas Presiden sambil menegaskan bahwa bangsa Indonesia harus terus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus dimanifestasikan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.Untuk itu marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

“Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat.”tegas Presiden Jokowi sambil mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

Hadir pada upacara tersebut, Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, Dansatrol Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Djoko. P, Kapolres Bitung AKBP Filmon Ginting, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, Pasi Ops Yonmar Lantamal VIII Mayor Benny Setiawan, Dansub Pom Bitung Kapten Cpm Kanehd Ruben, Sekot Bitung Dr. Audy Pangemanan, Ketua DPRD Kota Bitung Laurentsius, ASN Kabupaten Minahasa Utara, personel TNI/Polri, Satpol PP, siswa siswi SMA, SMP dan SKPD Kota Bitung dan Minut.(Regina.TS/Dim 1310/Btg)

More Articles

  • Sepuluh Pamen Jajaran Kodam XIII...

    MANADO,Barometersulut.com-Markas Besar Angkatan...

  • By Redaksi Barometer Sulut • Apr 04 Read More »

    Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    To Top