Email: info@example.com | Phone: 0181 1234 567

Barometer
0

Pembukaan TMMD Ke-101 Tahun 2018 di Bolsel Semarak

Wakil Bupati Optimis Konsep TMMD Sinergis Dengan Visi -Misi Pemkab Bolsel

Written by Redaksi Barometer Sulut  •  Minggu, 08.04.2018, 20:35
36 Views

BOLSEL,Barometersulut.com-Dalam rangka mewujudkan kemanunggal TNI dan Rakyat,serta upaya mewujudkan ruang dan alat juang serta kondisi juang guna mendukung kepentingan pertahanan dengan sasaran fisik dan non fisik, Komando Distrik Militer (Kodim) 1303/Bolmong, Rabu (4/4/2018) melaksanakan upacara pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-101 tahun 2018 bertempat dilapangan Desa Milangoda’a Induk Kecamatan Tomini Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Pada upacara salah satu program prioritas TNI angkatan darat tahun 2018 ini mengusung tema “TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter Dan Kemandirian Bangsa” ini bertindak selaku Inspektur Upacara (IRUP) Wakil Bupati Bolsel Iskandar Kamaru sementara Komandan Upacara (DANUP) oleh Mayor Inf Lucky Sonny Maramis.

Wakil Bupati Bolsel Iskandar Kamaru dalam sambutannya antara lain menegaskan bahwa partisipasi dan dukungan jajaran TNI dalam pembangunan di desa selama ini merupakan pada bentuk nyata bahwa kemanunggalan TNI dengan masyarakat. “Kegiatan ini merupakan upaya nyata dalam mengakselerasi proses pembangunan di desa sebagaimana amanat butir ke-3 dari Nawacita yakni membangun Indonesia dari pinggiran atau dari Desa,” ungkapnya.

Dia mengatakan bahwa program TMMD yang telah dicanangkan sejak tahun 1980 pada hakekatnya merupakan bagian dari upaya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat melalui persatuan gerak pengelolaan pembangunan bermasyarakat bersama unsur TNI dengan Rakyat.

“Pada prinsipnya Pemda Bolsel mendukung sepenuhnya TMMD sebab sangat selaras dengan Visi dan Misi daerah Kabupaten Bolsel.”ujarnya sembari menambahkan Kabupaten Bolsel yang masih banyak membutuhkan sarana jalan juga membuka akses ekonomi masyarakat.

Kamaru menambahkan Khusus pelaksanaan TMMD di Kabupaten Bolsel telah memberi dukungan nyata yaitu dengan menganggarkan kegiatan TMMD melalui di APBD Kabupaten Bolsel TA 2018.
“Diharapkan agar kegiatan ini menjadi media pemersatu dan partisipatif bagi prajurit TNI dalam mengabdikan diri dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Bolsel serta menjaga keutuhan NKRI.”tegasnya.

Sementara Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf.Sigit Dwi yang juga selaku Dansatgas TMMD ke-101 mengatakan, program pembangunan fisik pada TMMD Tahun 2018 ini, diarahkan pada pembangunan jalan, pembangunan kantor Tiga Pilar Desa (TPD) rehab Masjid serta pembangunan non fisik berupa sosialisasi dan pelayanan administrasi kependudukan, kesehatan masyarakat, bela negara, Penanganan Narkoba dan HIV AIDS, kesehatan reproduksi remaja.
“Kegiatan TMMD ini semakin menunjukkan bukti nyata bahwa TNI angkatan darat selalu ingin dekat dan berada serta menjadi solusi bagi permasalahan sosial kemasyarakatan yang dihadapi oleh masyarat.”tandasnya sambil menambahkan keberadaan TNI angkatan darat merupakan mitra pemerintah dalam pembangunan fisik dan non fisik.

Kegiatan TMMD ke-101 tahun 2018 diikuti kurang lebih 1000 orang dan turut dihadiri oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri, Para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Para Kasi dan Kabalak Korem 131/Santiago, 131/Santiago, Dandim 1303/Bolmong selaku Dansatgas TMMD ke-101 Letkol Inf Sigit, Para Dandim jajaran Korem 131/Santiago, Kapolres Bolmong AKBP Gani Fernando Siahaan, Danyonif 713/Satyatama Letkol Inf Slamet Raharjo, Danyonarmed 19-105/Tarik Bogani Letkol Arm Iron Prasetyo, Para Danramil jajaran Kodim 1303/Bolmong, Asisten I Pemprov Sulut Edison Humiang, Sekda Kabupaten Bolsel Marzanzius Ohy, Ketua DPRD Kabupaten Bolsel Abdi Van Gobel, Para ASN eselon II dan III Kabupaten Bolsel, Para Camat se-Kabupaten Bolsel.(Regina.TS)

More Articles

  • Sepuluh Pamen Jajaran Kodam XIII...

    MANADO,Barometersulut.com-Markas Besar Angkatan...

  • By Redaksi Barometer Sulut • Apr 04 Read More »

    Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    To Top