Pelantikan 398 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024 di Sangihe

Tahuna, BAROMETERSULUT.com–Sebanyak 398 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Kepulauan Sangihe resmi dilantik pada Senin (24/6/2024).

Pelantikan tersebut dilakukan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Sangihe, Absan Revormasi Tahendung, di Tahuna Beach Hotel dan Resort. Acara ini juga dihadiri oleh unsur Forkopimda Sangihe.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Tahendung mengucapkan selamat kepada para petugas yang baru dilantik dan menegaskan pentingnya peran mereka sebagai garda terdepan dalam mengawal demokrasi.

“Tugas dan tanggung jawab ada di pundak kalian sebagai garda terdepan mengawal demokrasi. Harapan kami agar proses pemutakhiran data pemilih ini bisa berjalan dengan baik,” ujar Tahendung.

Tahendung menekankan pentingnya akurasi data yang akan dimutakhirkan berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yaitu Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

Ia meminta para petugas untuk melakukan penelitian dan pencocokan data pemilih di lapangan dengan seksama.

Baca juga:  Urutan ke-3, Tamuntuan Berhasil Bawah Sangihe Terima Penghargaan Kabupaten Terbaik

“Tugas Bapak/Ibu adalah memutakhirkan data tersebut melalui penelitian dan pencocokan data pemilih yang ada di tempat,” tambahnya.

Ia berharap tidak ada lagi data ganda atau data pemilih yang sudah meninggal yang masih tercantum dalam daftar pemilih.

Tahendung juga menekankan pentingnya memasukkan pemilih yang akan berusia 17 tahun pada 27 November dalam daftar pemilih.

“Sehingga data yang Bapak/Ibu kerjakan nanti benar-benar akurat dan jauh dari sengketa, karena pekerjaan ini berisiko dengan hukum,” jelas Tahendung.

Tahendung yakin bahwa dengan kerja keras dan ketelitian, para petugas dapat menghindari perselisihan hasil pemilihan kepala daerah.

“Saya yakin ketika Bapak/Ibu mengerjakan dengan seksama dan teliti, tidak ada lagi pemilih yang tidak terdaftar. Walaupun nanti banyak kendala di lapangan, saya percaya Bapak/Ibu akan mampu melakukan tugas ini dengan baik,” tutupnya.

Sementara itu, sambutan Pj Bupati Kepulauan Sangihe Albert Wounde yang dibawakan oleh Asisten 1 Setda Sangihe Johanis Pilat, juga memberikan pesan penting kepada para petugas yang dilantik.

Baca juga:  Ruang IGD RSU Liung Paduli Diresmikan

“Saya menyampaikan selamat kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik. Saya berharap teman-teman semua sebagai pengawal demokrasi yang berintegritas dan berkualitas, dapat memikul tanggung jawab ini dengan baik. Tugas ini memiliki konsekuensi hukum yang harus dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Pilat.

Pilat menekankan bahwa petugas harus menjaga independensi dan integritas selama proses pemutakhiran data pemilih.

“Teman-teman harus mampu menjaga independensi dan integritas, serta berhati-hati dalam setiap tahap pemutakhiran data. Pengabdian ini memiliki konsekuensi hukum, jadi pastikan teman-teman tidak terpengaruh oleh kepentingan pribadi, kelompok, atau golongan,” tegasnya.

Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, diharapkan para petugas Pantarlih dapat menjalankan tugasnya dengan baik demi suksesnya Pilkada 2024 di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *