Deklarasi Netralitas ASN dan TNI/Polri, Langkah Tegas Menjaga Integritas Pemilu

Tahuna, BAROMETERSULUT.com–Dalam upaya memastikan integritas pemilihan umum, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sangihe menggelar Deklarasi Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/Polri di Ballroom Tahuna Beach Hotel.

Acara prestisius tersebut dihadiri oleh Penjabat Bupati Sangihe, dr. Rinny Tamuntuan, yang menegaskan pentingnya netralitas sebagai landasan mutlak dalam menjaga kualitas demokrasi.

Bacaan Lainnya

Pj Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan dalam sambutannya menyoroti urgensi kerjasama lintas sektor untuk memastikan pemilu yang jujur dan adil.

“Komitmen netralitas ASN dan TNI/Polri adalah kunci bagi kesuksesan pemilu yang berkualitas. Bersama-sama, kita harus memastikan bahwa proses pemilihan berjalan dengan lancar dan kondusif,” tegas Tamuntuan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sangihe, Edmon Dolongseda, menyoroti peringkat kedua Provinsi Sulawesi Utara dalam kerawanan netralitas pemilu di Indonesia. Namun, Dolongseda menekankan bahwa hal ini bukanlah titik akhir, melainkan panggilan untuk tindakan lebih lanjut dalam menjaga integritas pemilu.

“Kita harus bersatu untuk menjaga integritas pemilu. Dengan gotong royong, kita dapat memastikan bahwa pemilihan umum tahun 2024 berlangsung tanpa hambatan dan meniadakan kerawanan netralitas ASN dan TNI/Polri,” ungkap Dolongseda.

Acara ditutup dengan penandatanganan komitmen netralitas oleh jajaran Forkopimda Sangihe dan unsur terkait, sebagai langkah konkret dalam memastikan integritas pemilu terjaga dengan baik.

Pos terkait