Bupati Joune Ganda Salut “Gercep dan Inovasi” Bapenda Minut, ETPD Semester 1 Tahun 2023 Tembus 95,5 % dan Tertinggi se-Sulut

Minut, com- Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE, MAP, MM, Msi mengapresiasi kinerja Plt Kepala Badan Pendapatan Daerah(Bapenda) Minut Christian Katuuk dan jajaran atas capaian Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Kabupaten Minahasa Utara semester satu tahun 2023 sebesar 96,5% atau berada di posisi teratas se Provinsi Sulawesi Utara.

” Inilah namanya inovasi dalam melaksanakan tupoksi serta gerak cepat dan saya atas hal itu patut di apresiasi” ujar Bupati Minut Joune Ganda, SE, MAP, MM, Msi kepada media ini, Selasa(1/8).

Menurut Bupati Joune Ganda salah satu indikator atau pemicu hingga mencapai angkat tertinggi di Sulut, adanya inovasi pengelolaan pajak secara digital yang dilaksanakan oleh Plh kepala Bapenda dan jajaran.

” Sebagai pimpinan saya selalu mengingatkan agar OPD di Minut tidak konvensional dalam melaksanakan tupoksi, sebaliknya perlu kerja keras yang inovatif, koordinasi serta melayani dengan tulus” ” ujar Bupati Joune Ganda yang juga selaku ketua Tim TP2DD Kabupaten Minut sambil berharap agar prestasi yang dicapai Bapenda ini dapat menjadi contoh OPD lain dalam tupoksi masing-masing.

Sementara itu, Plt Bapenda Minut Christian Katuuk ketika dikonfirmasi membenarkan capaian itu.

Dikatakannya, Berdasarkan memorandum dari Bank Indonesia no 25/349/DPSP/M.01/B perihal Perkembangan Elektronifikasi ETPD Semester Satu Tahun 2023 disebutkan kalau IETPD Kabupaten Minahasa Utara berada di posisi teratas dengan nilai 96,5%.

” Adapun data dan angka tersebut didapatkan berdasarkan penilaian satuan tugas percepatan dan perluasan digitalisasi daerah (satgas P2DD) Pusat yang diketuai oleh Kemenko Perekonomian RI dan Bank Indonesia.’ Ujarnya.

Ditambahkan Katuuk, guna memperahankan serta meningkat capaian dan potensi yang ada, maka saat ini pihaknya terus berinovasi antara lain dengan memanfaatkan sistim digitalisasi layanan perbankan di PT Bank SulutGo.

” Saat kami sementara dalam tahapan pengajuan ke pihak BSG untuk penambahan menu pembayaran BPHTB dan pajak lainnya di Minut dalam aplikasi BSG TOUCH dan
juga tahapan pengembangan aplikasi simple tax serta digitalisasi perhitungan pemanfaatan MBLB” tandas Katuuk sambil menegaskan seluruh capaian diatas tidak lepas atas arahan dan pengawasan langsung Bupati Joune Ganda.(nando)

Pos terkait