Tuwankota Sebut Penyalahgunaan Narkotika tahun 2023 di Sangihe Zero Kasus

Tahuna, BAROMETERSULUT.com– Mewujudkan Kabupaten bersih dari narkoba (Bersinar) terus digaungkan pihak yang berwajib.

Salah satunya dengan mencanangkan Desa bersih dari narkoba (Bersinar).

Bacaan Lainnya

Kampanye war on drugs pun tak pernah padam dilakukan, guna menyelamatkan generasi muda bebas dari Narkoba sekalipun.

Hal ini semakin terbukti, jika dilihat dari peredaran Narkotika tahun 2023 dari awal tahun hingga sekarang tidak ditemukan adanya kasus.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sangihe Melky Tuwankota.

Dikatakannya, memang dari awal tahun 2023 hingga sekarang, pihaknya belum mendapatkan adanya penggunaan maupun peredaran Narkotika di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Kalau untuk sekarang, kami belum mendapatkan adanya kasus Narkotika pada tahun 2023 ini. Jadi bisa disebut Kabupaten Sangihe zero kasus,” ujar Tuwankota.

Diakuinya pada tahun 2021 lalu, sempat ada ditemukan penyalahgunan Narkotika di Sangihe. Namun setelah kasus itu, sampai sekarang sudah tidak ada lagi.

“Memang pada tahun 2021 kami mendapati ada penyalahgunaan Narkotika. Tetapi itu sudah masuk diranah hukum, dan sekarang sudah sementara menjalankan proses,” ungkap Tuwankota.

Dirinya menyebutkan, kalau untuk Sangihe sendiri, terkait penyalahgunaan adalah zat adiktif maupun obat-obatan terlarang.

“Memang di Sangihe ada beberapa kasus yang didapati terkait penyalahgunaan zat adiktif maupun obat-obatan terlarang. Untuk zat adiktif itu seperti lem eha bon, kalau untuk obat itu Tri hex,” sebutnya.

Namun, untuk kasus seperti itu dirinya menjelaskan itu sudah masuk kerana Kepolisian.

“Ada laporan masyarakat terkait penyalahgunaan zat adiktif maupun obat-obatan terlarang, tetapi kami langsung mengarahkannya ke pihak Kepolisian melalui Satnarkoba, dan mereka yang menangani kasus tersebut,” tandasnya.

(Christ)

Pos terkait