Peringati Dies Natalis ke-63, Fransiscus Manumpil Ajak Faperta Unsrat Ikut Membangun Sulut dari Dunia Pendidikan

Manado, Barometersulut.com-Asisten III Administrasi Umum Setdaprov Sulut Fransiscus Manumpil mewakili Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, menghadiri perayaan Dies Natalis ke- 63 Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, yang diselenggarakan di Graha Gubernuran Sulut, Rabu (31/5).

Dalam sambutannya, Manumpil menyampaikan amanat Gubernur, menuturkan, semoga di momen Dies Natalis ini Fakultas Pertanian Unsrat bisa terus eksis dan berkontribusi bagi daerah dan bangsa.

“Ada berbagai harapan dari Pak Gubernur Olly Dondokambey bagi Fakultas Pertanian Unsrat untuk bersama – sama membangun daerah ini. Salah satunya, dengan menciptakan sumber daya manusia (SDM, red) yang unggul dan inovatif. Juga, mampu,” tuturnya.

Dikatakannya, bidang pertanian juga menjadi sektor unggulan dalam menjaga resesi dan tameng ekspor di daerah ini. Meski demikian, tidak boleh cepat berpuas diri dengan apa yang sudah ditorehkan. “Fakultas Pertanian Unsrat juga harus mampu menyesuaikan diri dalam perkembangan teknologi,” ujarnya.

Baca juga:  Kodim 1309 Manado Sukses Panen Sayur Program M-KPRL

Manumpil juga mengungkapkan, saat ini Pemprov Sulut sudah mencanangkan program Marijo ba Kobong yang tujuannya demi kedaulatan dan kemandirian daerah.

“Diharapakan ke depan terus digaungkan dan disosialisasikan kepada masyarakat. Mari kita sikapi kebijakan ini dengan sebuah tantangan sekaligus peluang, agar menghasilkan output dan outcome yang bisa dinikmati masyarakat,” harapnya.

Selain itu, lanjut dia, tahun depan (2024) sudah masuk tahun politik, maka dari itu diharapkan jadilah pemilih yang cerdas dan bijak, mampu menjaga kondusifitas dan kerukunan dalam demokrasi.

“Mari kita terus bersinergi dan menjadi mitra aktif pemerintah, untuk mendukung arah pembangunan Pemprov Sulut. Tentunya, untuk kemajuan bersama demi menuju Sulut menjadi pintu gerbang Asia-Pasifik,” pungkasnya

Terpisah, Rektor Unsrat Prof Dr Ir Oktovian B A Sompie MEng IPU mengatakan, usia ke- 63 ini merupakan perjalanan panjang dengan berbagai prestasi gemilang yang telah diraih.

Baca juga:  Lantamal VIII Ajak Insan Pers Latihan Menembak, Ini Tujuannya

“Momen ini juga menjadi waktu yang tepat untuk merefleksikan pencapaian, melalui sumbangsih yang telah diberikan oleh para pendahulu di fakultas Pertanian ini,” ujarnya.

“Fakultas Pertanian Unsrat telah menjadi lembaga yang tak hanya berkomitmen terhadap pendidikan berkualitas, akan tetapi telah memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dan dunia ilmiah,” terang Rektor Sompie.

“Ini semua juga berkat dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut,” pungkas Rektor Prof Berty Sompie.

Diketahui, Dies Natalis Fakultas Pertanian Unsrat ke-63 dihadiri Ketua Ikatan Alumni Fakultas Pertanian (IKA Faperta) Unsrat Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan, Dekan Fakultas Pertanian Unsrat Didie Tooy dan civitas Fapetra Unsrat.(nando)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *