30 Pelanggar Trantibum Terjaring OTT Satgas Opsgab

Manado, Barometersulut.com Operasi Tangkap Tangan (OTT) dan Sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) kembali dilakukan Satuan Tugas Operasi Gabungan (Satgas Opsgab) menyisir pelanggar di Kecamatan Singkil, Jumat (26/5).

Pada OTT kali ini, Satgas Opsgab menemukan pelanggar sebanyak 33 pelanggar dengan rincian 30 pelanggar Perda Trantibum dan 3 pelanggar Perda Pengelolaan Sampah. Di antara 3 pelanggar Perda Pengelolaan Sampah, 1 pelanggar kedapatan melalui CCTV.

Sidang Tipiring dipimpin oleh Majelis Hakim Maria Sitanggang, SH MH kepada sejumlah wartawan mengatakan jika, Kegiatan ini sebagai bentuk dari penegakan terhadap Perda No. 2 Tahun 2019 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) dan Perda No. 1 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah.

Baca juga:  Istri Prajurit Wajib Prioritaskan Harga Diri Suami dan Martabat Bangsa

“Para pelanggar diarahkan oleh pihak petugas dan pihak kecamatan/kelurahan untuk mengikuti Sidang Tipiring di Kompleks Lapangan Ketang Baru, Kelurahan Ketang Baru, Kecamatan Singkil,” ujarnya.

Selama sidang berlangsung lanjut Sitanggang, majelis hakim terus menghimbau para pelanggar agar dapat mematuhi peraturan yang ada.

“Jangan ikut-ikutan perilaku yang salah, mari kita taati aturan, percuma pemerintah bikin aturan kalau masyarakat tidak taat,” pungkasnya.

Diketahui, sanksi yang dijatuhkan oleh majelis hakim kepada para pelanggar adalah denda uang tunai minimal Rp150.000 atau 2 hari kurungan.(nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *