Ratusan Warga Antusias Gelar Ritual Adat Mane’e.

Talaud, Barometersulut.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Talaud Gelar Festival Mane’e di Pulau Intata, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara senin 22/5/2023. Festival Mane’e adalah, upacara adat menangkap ikan secara tradisional dengan daun kelapa muda (janur) di laut.

Festival ini merupakan tradisi turun temurun yang rutin digelar setiap tahun terutama pada pertengahan bulan Mei ketika bulan purnama. Sebelum memanen ikan, ketua adat melakukan ritual terlebih dahulu saat memasang janur.

Nampak antusias masyarakat yang mengikuti festival ini cukup tinggi. Ratusan orang dari berbagai wilayah yang ada di Kabupaten talaud hadir dalam festival kali ini.

Wakil Bupati Talaud Moktar Arunde Parapaga Mengapresiasi peran pemerintah desa kakorotan serta seluruh jajaran Forkopimda sehingga pelaksanaan ritual manee kali ini boleh berjalan dengan aman dan lancar.

Baca juga:  Bupati Talaud Pastikan Seleksi CPNS 2021 Secara Objektif dan Transparan

Dia menjelaskan, Festival Mane’e merupakan kearifan lokal yang sudah berlangsung sejak puluhan tahun silam yang terus dilestarikan oleh masyarakat.

“Festival ini sebagai wujud syukur masyarakat. Dalam festival ini, ikan-ikan dipanggil dengan menggunakan daun kelapa yang masih muda. Aneh tapi nyata, karena ini bukan jaring yang bisa menahan ikan untuk keluar tapi ikan tetap tidak mau lepas,” ucapnya.

Saat ini, Pemkab Kepulauan Talaud terus meningkatkan sarana dan prasarana di pulau tersebut. Salah satunya dengan membangun infrastruktur. Tidak hanya itu, pihaknya juga berencana membangun homestay dan fasilitas lainnya agar wisatawan merasa nyaman saat mengunjungi Pulau Intata.(ocha)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *