Dirut Jimmy Panelewen Buka Secara Resmi, Diskusi Terbuka Terkait RUU Kesehatan

Manado, Barometersulut.comDirektur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Dr R.D Kandou Manado DR dr Jimmy Panelewen, SpB-KBD, membuka secara resmi diskusi terbuka keterkaitan dengan Rancangan Undang Undang (RUU) Kesehatan Tahun 2023,Jumat (06/05/2023) di aula lantai 2 kantor pusat administrasi RSUP Kandou.

Dirut Jimmy Panelewen mengatakan, dinamika perubahan Rancangan Undang Undang (RUU) Kesehatan sangat kuat, menurutnya RSUP Kandou sebagai UPT pusat Kementerian Kesehatan, menjadi tantangan untuk bisa mencari jalan keluar pemenuhan aspirasi dari semua pihak yang notabene adalah pemerhati atau juga bagian dari tenaga kesehatan, baik itu dilingkungan Kemenkes maupun kementerian lainnya atau di unit unit privat dan swasta.

“Dinamika ini harus dicari jalan keluarnya sehingga persepsi yang kita dapatkan akan sama,” kata Panelewen didampingi Direktur SPU, DR dr Ivonne.E Rotty M.Kes, Direktur Perencanaan Keuangan dan Barang Milik Negara, Frets Melope SE MSi.

Baca juga:  Joi Pastikan Armada Layak Beroperasi dan Seluruh Penumpang Terangkut

Dikatakannya, kegiatan ini mengusung tema “Diskusi Terbuka” yang bertujuan agar semua teman-teman tenaga kesehatan baik itu di Institusi pemerintah atau orgsnisasi, kelompok maupun pribadi. Stakeholder yang berkaitan dengan tenaga kesehatan diharapkan mampu memberikan masukan-masukan yang konstruktif yang bisa bermuara pada sesuatu yang positif terhadap upaya-upaya untuk menyelaraskan dalam satu aturan undang-undang kesehatan.

“Rancangan Undang-undang kesehatan saat ini lagi berproses dan sekarang sudah berada di Komisi IX DPR-RI”ujar Dirut saat dikonfirmasi media ini beberapa hari lalu.
Dirut Panelewen menjelaskan bahwa perubahan UU bukan semata mata karena keinginan dari Kementerian terkait.

Penyusunan perubahan UU yang sebelumnya sudah ada tentunya itu berproses dengan adanya masukan dan usulan dari stakeholder kesehatan di Indonesia.

“Dinamika yang ada, saya yakin semua berkeinginan agar supaya undang-undang kesehatan akan lahir dan bisa mengakomodir keinginan yang baik dari kita semua yang bekerja di ruang lingkup kesehatan,”tuturnya.

Baca juga:  Korem131/Santiago Undang 435 ASN Pemkot Manado

Dirut Jimmy Panelewen menambahkan kegiatan ini merupakan upaya dari manajemen agar seluruh tenaga medis di RSUP Kandou bisa mendapatkan pemahaman secara benar dari institusi yang dipercayakan untuk mengolah secara aktif Undang Undang Kesehatan ini.

“Lewat kegiatan ini teman teman bebas memberikan masukan yang positif dan rasional, agar hasil dari diskusi terbuka yang digelar oleh RSUP Kandou Manado, untuk mewakili Sulawesi Utar, akan dilaporkan ke pimpinan dalam hal ini Kemenkes.”Pungkasnya.

Sehingga dirinya berharap kegiatan ini bukan menjadi ajang perdebatan, akan tetapi menjadi ajang masukan yang konstruktif yang nantinya bisa memenuhi harapan bagi dunia kesehatan. (nando)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *